Salin Artikel

Dalam Bayang-bayang Fobia Corona, Kisah Perjuangan Edelweis Melahirkan Sesar

Maklum, ini musimnya. Matahari seperti hilang kuasanya, kalah pada mendung. Baru menjelang sore hujan mereda, namun tidak demikian dengan angin. Jadi sore itu tetap dingin sekali.

Sejak malam sebelumnya saya sudah punya janji dengan seseorang untuk sebuah perjumpaan istimewa di masa pandemi ini, di sore hari. Pada saat membuat perjanjian itu, saya sanggupkan bahwa bagaimana pun cuaca besok, saya akan datang.

Rupanya semesta demikian mengasihi kami. Tanpa mendung apalagi hujan, saya bisa memenuhi janji saya tepat pada waktu yang telah disepakati.

Jadilah, saya menghabiskan sisa sore menjelang maghrib di hari itu bersama seorang perempuan, yang demi menjadi kenyamanannya, saya memberinya nama di sini: Edelweis.

Mengapa Edelweis? Kemampuan Edelweis hidup di daerah tandus dan gersang, membuat orang mengaguminya sebagai simbol perjuangan.

Mahkluk Tuhan yang memberikan keindahan di tengah kesukaran. Saya pun mengaguminya. Seperti itu pulalah sosok perempuan teman baru saya itu.

Edelweis terlahir dari keluarga sederhana, menikah pun dengan lelaki sederhana yang sehari-hari bekerja di pasar ikan. Ketika kami berjumpa, Edelweis baru saja melahirkan anak keduanya, setelah melewati perjuangan yang teramat berat.

Perjuangan yang membawa kami pada titik perjumpaan itu, bukanlah tentang bagaimana Edelweis berjuang menahan sakit di koridor rumah sakit mondar-mandir menunggu pintu rahim cukup membuka, lalu mengejangkan sekujur tubuhnya di meja persalinan untuk mengeluarkan bayi kehidupan baru dari Rahim! Bukan!

Tetapi tentang kejamnya rumah sakit menolaknya! Bukan hanya oleh satu rumah sakit, tetapi lebih. Bukan hanya dalam satu hari dan satu kali perjalanan. Tetapi selama tiga hari.

Riwayat berurusan dengan rumah sakit

Hari pertama, yakni tanggal 15 Juni 2020, berbekal pengantar dari dokter spesialis yang menanganinya selama masa kehamilan, Eldeweis mendatangi sebuah rumah sakit, tempat di mana anak pertamanya dilahirkan. Kita sebut sebagai rumah sakit pertama Edelweis. 

Sebagaimana prosedur tetap di setiap RS, Edelweis harus menjalani rapid test. Beberapa saat menunggu, datang petugas menyampaikan bahwa, hasilnya reaktif. Hanya dengan keterangan lisan tanpa menunjukan lembaran kertas atau apapun sebagai bukti pemeriksaan.

Petugas itu memintanya untuk ke RS lain di kota itu yang adalah RS rujukan Covid-19. Entah apa alasannya, petugas di RS pertama tadi tidak memberikan keterangan tertulis. Di sinilah awal seorang perempuan yang membawa nyawa lain di rahimnya di ping-pong oleh buruknya sistim layanan rumah sakit.

Mengikuti saja apa kata petugas di RS pertama tadi, Edelweis mendatangi rumah sakit kedua. Setibanya di sana, Edelweis menjelaskan riwayat perjuangannya dari RS pertama, dan seperti yagn dikhawatirkan, petugas meminta surat keterangan hasil rapid test dari RS pertama.

Suami Edelweis sempat kembali ke RS pertama untuk memintanya, namun tetap tidak diberikan. Akhirnya, sekali lagi Edelweis harus mengulurkan tangannya kepada petugas untuk diambil sampel darah.

Kali ini hasilnya berbeda dengan yang dilakukan di RS pertama, yaitu menunjukan non-reaktif. Karena hasil rapid test yang demikian, RS kedua menyarankan untuk tidak menjalani rawat inap di situ, mengingat di RS ini adalah RS perawatan bagi pasien Covid-19.

Tanpa jeda panjang, malamnya Edelweis menemui dokter spesialisnya, yang kemudian menyarankannya untuk pergi ke RS ketiga. Edelweis pun mengikuti arahan dokter, keesokan harinya, pagi-pagi benar Edelweis mendatangi RS ketiga.

Di situ, Edelweis mesti kembali menjalani rapid test. Sempat menolak dan meminta untuk menggunakan saja hasil tes dari RS kedua, namun usaha itu tidak berhasil.

Dengan kesal Edelweis mengulurkan tangannya kepada petugas untuk mengambil sampel darah. Apapun terpaksa dituruti asalkan mendapatkan layanan dan segera bisa melahirkan bayinya yang sesungguhnya harus dilakukan pada tanggal 12 Mei.

“Beta punya masalah kesehatan, jadi tidak bisa melahirkan secara normal, makanya biar sakit hati tapi beta jalani semua saja,” tuturnya.

Sampel darahnya yang telah diambil, diperiksa sebanyak dua kali. Hasil pemeriksaan pertama tidak terbaca dengan jelas alias samar-samar, maka dilakukan pemeriksaaan kedua, yang menurut mereka hasilnya reaktif.

Berdasarkan hasil itu, petugas mengarahkannya untuk kembali ke RS kedua karena hanya di situ pasien yang hasil rapid test-nya reaktif bisa mengakses layanan.

Merasa akan lelah dengan semua proses panjang yang telah dilalui karena rapid test, Edelweis berinisiatif untuk melakukan swab test. Petugas RS menyarankan untuk ke Puskesmas dekat rumahnya.

Menurut mereka, di Puskesmas yang sempat ditutup juga selama 14 hari beberapa waktu lalu itu memiliki fasilitas untuk swab test. Lagi-lagi menuruti saja apa kata petugas RS. Ternyata, Puskesmas tersebut tidak memiliki fasilitas itu sama sekali.

Pulanglah dia dengan kecewa bercampur marah di dada, sementara seluruh badan terutama di rahimnya didera rasa sakit yang tak terkatakan. Edelweis tidak diam.

Dia langsung menelepon dokternya, meminta kepastian dan sekali lagi memelas minta bantuan dan ketegasan dokter untuk memfasilitasinya ke RS. Riwayat panjang diping-pong sana-sini sejak dua hari kemarin itu ditutur dengan perasaan bercampur-aduk.

Pada situasi itu, barulah dokter bertindak cepat dan (mungkin lebih tegas) meminta fasilitas RS kedua.

Edelweis lalu menuju RS kedua dan dilayani dengan prosedur pasien suspek Covid-19 sejak masuk, yakni melalui pintu yang diperuntukan bagi mereka yang terkonfirmasi positif.

Menurutnya, sangat tidak nyaman melewati jalur itu. Namun tidak ada pilihan, bayinya harus lahir sesegera mungkin, maka dengan ikhlas ia jalani semuanya.

Tak lama, pukul 10.00 malam di hari itu juga bedah sesar dilakukan. Edelweis melahirkan seorang putri cantik.

Besoknya, 19 Juni 2020, Edelweis menjalani tes PCR. Tiga hari kemudian, 21 Juni, bayinya boleh pulang bersama ayak dan nenek yang setia menemani di sepanjang perjuangan panjang mereka.

Sedangkan Edelweis harus menunggu sampai hasil PCR-nya keluar. Syukur alhamdulillah, 24 Juni hasil PCR keluar dan Edelweis dinyatakan negatif Covid-19.

Beban stigma di tengah perjuangan

Panjang yah, ceritanya. Membaca dan mengikuti alurnya mungkin melelahkan. Kiranya Anda pun bisa merasakan bagaimana lebih lelah dan menderitanya Edelweis melewati perjuangan yang panjang itu.

Perempuan hamil tua menunggu melahirkan harus bolak-balik dari rumahnya ke rumah sakit yang satu ke yang lain, ke dokter, ke RS lagi, ke Puskesmas. Bertemu petugas dengan berbaai alasan penolakan, menguras energi untuk memberi penjelasan, berargumentasi, memelas, memberi tangan ditusuk berkali-kali, memohon ini itu.

Naik turun mobil angkutan umum dan ojek, tidak dengan tangan kosong tapi sekalian menenteng perlengkapan opname untuk diri sendiri maupun bayinya, di tengah cuaca hujan angin musim ini. Perjuangan yang tidak main-main.

Belum lagi, ketika keluar hasil rapid test dari RS pertama yang menyatakan reaktif, entah bagaimana ceritanya kabar hasil tes itu tersiar luas di kompleks tempat tinggalnya.

Maka, stigma miring “positif corona” pun langsung menghujamnya tanpa ampun, seolah dia sedang menghamburkan aib ke muka bumi. Padahal, itu hanya hasil rapid test yang tak bisa digunakan untuk menjustifikasi status seseorang karena keterbatasan akurasi alat ini. 

Tidak hanya di dunia nyata, dalam sekejap tangan-tangan netizen menggunjingkan Edelweis di jagad maya. Berbesar hati Edelweis menerima semuanya.

Perjuangan seorang perempuan antara mati dan hidup yang semesti didukung dengan empati, justru menjadi semakin berat oleh karena beban penghakiman dari publik. Entah si corona yang jahat, atau manusia yang terlalu bejat secara sosial dan antikemanusiaan.

Menurut Kompas.com, rapid test merupakan teknik pengetesan keberadaan antibodi terhadap serangan kuman di dalam tubuh.

Hasil rapid test tak boleh dan tak bisa digunakan secara mandiri untuk mengonfirmasi keberadaan atau ketiadaan infeksi virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 di dalam tubuh.

Untuk mengonfirmasi keberadaan virus corona secara akurat dalam tubuh seseorang harus dilakukan swab test dengan meteode PCR (polymerase chain reaction). Baca selanjutnya di https://www.kompas.com/sains/read/2020/04/03/080300423/setelah-rapid-test-tes-pcr-diperlukan-untuk-pastikan-virus-corona.

Hasil tes dari rapid test adalah reaktif (ada reaksi terhadap keberadaan antibodi) atau non-reaktif (tidak ada reaksi terhadap keberadaan antibodi).

Masih menurut Kompas.com, jika Anda sempat membaca hasil rapid test adalah positif atau negatif, harus dimaknai sebagai positif atau negatif terhadap keberadaan antibodi dalam tubuh, bukan positif atau negatif terhadap keberadaan virus corona penyebab Covid-19.

Apa yang kurang?

Ini pertanyaan menarik dan menyentak dari perjuangan seorang Edelweis mendapatkan layanan rumah sakit.

Apalagi Edelweis bukan yang pertama. Sebelumnya, di bulan Mei, terpublikasi setidaknya empat kasus penolakan pasien, satu di antaranya yang mengakibatkan meninggalnya bocah malang bernama Rafadan.

Menjawab pertanyaan di atas, menurut saya, kita punya dua kekurangan. Pertama, belum terbangun kanal koordinasi lintas rumah sakit.

Andai Dinas Kesehatan Provinsi Maluku bisa membuat sistim data terpusat lintas rumah sakit, peristiwa pingpong – mempingpong orang sakit dan perempuan melahirkan tidak perlu terjadi.

Kedua, sense of emergency atau sense of crisis belum terinternalisasi dalam manajemen rumah sakit. Kepekaan pada situasi kritis apalagi perempuan dan anak sangat memprihatinkan dan membahayakan jiwa. Jangan sekadar menjawab: kami tidak bisa terima, silahkan ke sana dan ke situ.

Sebagai institusi kemanusiaan, rumah sakit tidak boleh sekadar menjalankan kerjanya sebagai business as usual. Toh, di masa pandemi ini, kalau ada alternatif lain, saya yakin orang tidak ingin minta layanan ke rumah sakit.

Tolonglah berbenah. Jangan terus terjebak di bayang-bayang fobia corona hingga hilang sisi humanismu. Mohon, jangan ada lagi kasus penolakan berikutnya.

https://regional.kompas.com/read/2020/07/20/14241121/dalam-bayang-bayang-fobia-corona-kisah-perjuangan-edelweis-melahirkan-sesar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke