Salin Artikel

Wagub Kaltim Minta Semua Orang yang Kontak Erat Dengannya Periksa Diri

Permintaan itu disampaikan Hadi melalui Pejabat (Pj) Sekda Kalimantan Timur, M Sabani.

“Pak Hadi minta kepada masyarakat agar melapor atau memeriksa diri yang berkontak dengannya. Itu pesan beliau,” ungkap Pj Sekda Kaltim, M Sabani, kepada Kompas.com di Samarinda, Kamis (16/7/2020).

Sabani mengatakan, saat ini pejabat di lingkungan Pemprov Kaltim yang pernah berkontak erat dengan Wagub sudah ditelusuri dan diminta untuk periksa diri.

“Semua sedang rapid test. Kalau ada yang reaktif baru tes swab PCR,” kata dia.

Rata-rata pejabat yang berada di lantai dua Gedung Kantor Gubernur Kaltim sudah memeriksakan diri, mengingat ruang kerja di Wagub Kaltim berada di lantai dua.

Tidak hanya pejabat, Sabani juga meminta kepada masyarakat yang merasa dekat dengan saat kegiatan bersama Wagub Kaltim, melaporkan diri.

“Karena beliau (Wagub) agendanya padat di luar kantor dengan masyarakat,” jelas dia.

Senada, Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kaltim, Andi M Ishak juga meminta kesadaran masyarakat untuk melaporkan diri.

“Bisa lewat call center 112 atau datang secara mandiri untuk periksa juga boleh,” katanya.


Hal tersebut dilakukan agar penularan lokal bisa segera dikendalikan sedini mungkin.

Kontak erat yang dimaksud, jelas Andi, apabila orang yang merasa pernah jabat tangan dengan Wagub Kaltim dalam sepekan terakhir ataupun duduk berdampingan dengan diatas 15 menit.

“Segera dilakukan rapid test. Jika reaktif maka akan dilanjutkan dengan swab,” ungkap Andi.

Diketahui, ada banyak agenda dihadiri Hadi Mulyadi, dalam dua pekan terakhir sebelumnya dinyatakan positif Covid-19, Rabu (15/7/2020).

Penelusuran Kompas.com, dari laman resmi Pemprov Kaltim, sejak Senin (6/7/2020) Hadi menggelar coffe morning bersama Ketua dan Pengurus Forum Komunikasi Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Rumah jabatan Wagub.

Selanjutnya, Hadi melantik sejumlah Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas di ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim Jalan Gajah Mada, Samarinda.

Kemudian, Rabu (8/7/2020), Hadi menghadiri pelantikan 13 pejabat eselon II yang dilantik Gubernur Kaltim, Isran Noor di Kantor Gubernur Kaltim.

Setelah dari situ, Hadi kemudian memimpin rapat jelang peresmian Masjid Nurul Mukminin Pemprov Kaltim yang rencana digelar 24 Juli mendatang.

Berlanjut ke Minggu (12/7/2020), Hadi memenuhi undangan Komunitas Musik Anak Samarinda dalam acara penggalangan dana Covid-19 di salah satu cafe di Samarinda, malam.



Dalam kesempatan tersebut, Hadi terlihat bersama puluhan komunitas musik dari foto bersama seperti dalam dokumentasi Humas Pemprov Kaltim.

Kemudian, Selasa (14/7/2020), Hadi mewakili Gubernur Kaltim dalam rapat paripurna bersama DPRD Kaltim dalam pengetokan raperda pertanggungjawaban APBD Kaltim 2019 menjadi perda.

Pada hari yang sama, Hadi juga mengikuti uji coba teknis tahapan presentasi dan wawancara Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020, di ruang Heart Of Borneo lantai dua Kantor Gubernur Kaltim.

Hadi dinyatakan positif Covid-19 pada Rabu (15/7/2020).

Meski positif, kondisi fisik Hadi sehat saja. Dia tidak memiliki batuk atau demam.  Karena itu, Hadi menjalani isolasi secara mandiri di kediamannya di Samarinda.

https://regional.kompas.com/read/2020/07/16/16241821/wagub-kaltim-minta-semua-orang-yang-kontak-erat-dengannya-periksa-diri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke