Salin Artikel

19 Tenaga Medisnya Positif Corona, RSUD IA Moeis Samarinda Ditutup Sementara

Penutupan atau karantina wilayah di sekitar lingkungan RSUD IA Moeis tersebut dilakukan untuk mensterilkan sarana dan prasarana yang ada .

“Karena 19 tenaga medis yang positif Covid-19 tersebar di beberapa ruangan dan telah terjadi transmisi lokal di lingkungan rumah sakit, sehingga kita karantina wilayah untuk sementara waktu,” ungkap Direktur RSUD IA Moeis, Syarifah Rahimah saat memberi keterangan pers di Samarinda, Selasa (14/7/2020).

Untuk pasien-pasien yang kini sedang dirawat di RSUD tetap mendapat perawatan medis seperti biasanya.

Hanya saja, RSUD IA Moeis tidak lagi menerima pasien baru dan menutup sementara akses keluar masuk.

Pada Minggu (12/7/2020), RSUD IA Moeis telah menutup ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD), setelah satu tenaga medis di ruang tersebut terkonfirmasi positif Covid-19.

“Mulai hari ini, bukan hanya IGD, tapi semua layanan kita tutup sementara. Kami hanya rawat pasien yang ada sekarang dalam masa perawatan,” jelas dia.

Saat ini, RSUD IA Moeis bersama tim gugus tugas Samarinda sedang menelusuri kontak erat para tenaga medis yang terkonfirmasi positif dengan sesama rekan tenaga medis juga anggota keluarga.



Plt Kepala Dinas Kesehatan Samarinda, Ismid Kosasih menambahkan pihaknya sudah mengambil sampel swab uji PCR bagi beberapa keluarga dari tenaga medis yang terkonfirmasi positif di RSUD IA Moeis.

“Kita lakukan tracing ke sesama anggota keluarga untuk memutus penularan,” ungkap Ismid.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 19 tenaga medis di RSUD IA Moeis Samarinda, dinyatakan positif Covid-19, setelah keluar hasil swab PCR, Selasa (14/7/2020).

Belasan tenaga medis tersebut diduga terpapar dari pasien di rumah sakit yang hasil rapid test awalnya non-reaktif, tapi positif Covid-19 berdasarkan hasil swab test.

Saat ini kondisi para tenaga medis yang terkonfirmasi positif Covid-19 dalam kondisi baik dan sedang diisolasi di RS Darurat Covid-19 Samarinda.

https://regional.kompas.com/read/2020/07/14/14143401/19-tenaga-medisnya-positif-corona-rsud-ia-moeis-samarinda-ditutup-sementara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke