Salin Artikel

Detik-detik Jembatan Gantung Putus, Warga Sakit yang Ditandu Tewas Usai Jatuh ke Sungai

KOMPAS.com - Elisa, warga Desa Parek, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Pontianak, tewas terjatuh ke sungai jembatan gantung yang dilewati tiba-tiba putus, Kamis (9/7/2020).

Menurut warga sekitar, Elisa saat itu ditandu hendak dibawa ke mobil ambulans yang akan membawanya ke rumah sakit untuk berobat.

“Nah ketika melewati jembatan itu, saat berada di tengah, tali kawat jembatan putus. Akibatnya, Elisa bersama sejumlah warga yang menandu terjatuh ke sungai. Ternyata Elisa meninggal dunia,” ujar Darso.


Kronologi

Darso menjelaskan, saat itu Elisa sudah dibawa ke Puskesmas Suti Semarang. Lalu, bidan setempat merujuk Elisa ke rumah sakit.

Namun, karena kondisi jalan yang sempit ke Desa Parek, mobil ambulans menunggu Elisa di ujung jembatan.

“Setelah di Puskesmas, dia kembali dirujuk ke rumah sakit yang berada di Kota Bengkayang,” kata Darso saat dihubungi melalui telepon, Kamis sore.


Jembatan penghubung antardesa

Kepala Desa Cempaka Putih Rachmad membenarkan adanya peristiwa tersebut. Menurut dia, jembatan gantung itu putus sekitar pukul 13.00 WIB.

Jembatan gantung tersebut juga merupakan salah satu akses yang menghubungkan antar desa di Kecamatan Suti Semarang, Kabupaten Bengkayang dan Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak.

“Dia sakit dan mau dibawa ke Bengkayang pakai mobil, baru mau nyeberang dekat mobil, lalu jembatan roboh," kata Rachmad.

"Jembatan itu akses untuk anak-anak untuk pergi ke sekolah. Juga akses warga untuk ke Kota Bengkayang,” ucap Rachmad.

Sementara itu, Kepala Bagian Operasional (Kabagops) Polres Bengkayang AKP Michael Terry mengatakan, pihaknya masih mendalami kejadian tersebut.

“Belum ada datanya. Nanti kalau sudah ada laporannya kami teruskan,” ujar Terry.

(Penulis: Kontributor Pontianak, Hendra Cipta | Editor: Khairina)

https://regional.kompas.com/read/2020/07/10/07540091/detik-detik-jembatan-gantung-putus-warga-sakit-yang-ditandu-tewas-usai-jatuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke