Salin Artikel

Penyelesaian Tol Krian Legundi Bunder Manyar Mundur akibat Covid-19

SURABAYA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 mengganggu pekerjaan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM).

Seksi III yang harusnya rampung Juli 2020, harus mundur pada September 2020.

"Seksi III Boboh-Bunder sejauh 6,02 kilometer harusnya rampung Juli 2020, karena pandemi Covid-19, penyelesaian seksi III harus mundur pada September 2020," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jawa Timur, Gatot Sulistyo Hadi, saat dikonfirmasi, Minggu (5/7/2020).

Pekerjaan tol sepanjang 38 kilometer yang menyambungkan Sidoarjo dan Gresik itu, kata Gatot, terbagi dalam 4 seksi.

Seksi I ruas Krian-Kademean sepanjang 9,45 kilometer sudah 100 persen, seksi II ruas Kademean Mengganti-Boboh sepanjang 13,53 kilometer sudah 100 persen.

Sementara, seksi III Boboh-Bunder sejauh 6,02 kilometer hampir 100 persen, dan seksi IV Bunder-Manyar sepanjang 9,39 kilometer masih dalam tahap pengurukan.

"Seksi IV kira-kira sudah di atas 60 persen," ujar dia.

Tol LKBM dilengkapi 4 pintu tol, yakni di sisi Kedamean, Cerme, Bunder di Kabupaten Gresik dan Legundi.

Tol LKBM bersinggungan dengan Tol Surabaya-Mojokerto (Tol Sumo), namun untuk IC (interchange) dari KLBM ke Tol Sumo belum tersedia.


"Sementara masih melalui saja belum ada yang crossing dari KLBM menuju Sumo. IC itu juga akan dibangun tapi selesainya tahun 2021. Sementara ini masih lurus saja," ucap dia.

Proyek tol senilai Rp 3,51 triliun didesain sebagai infrastruktur penghubung kawasan industri utama Gresik dan Sidoarjo sebagai penyangga Kota Surabaya.

Tol KLBM diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dalam mengatasi kepadatan lalu lintas di wilayah sekitarnya. 

Dengan beroperasinya Tol KLBM, mobilitas manusia maupun barang dari Kabupaten Gresik ke Kabupaten Sidoarjo atau sebaliknya, tidak harus memutar dulu ke Surabaya.

"Dengan melalui Tol KLBM, perjalanan dari Sidoarjo ke Gresik dan sebaliknya cukup ditempuh hanya 30 menit atau setengah jam, dari sebelumnya yang memakan waktu 2 jam karena harus memutar ke Surabaya," tutup dia.

https://regional.kompas.com/read/2020/07/05/17453831/penyelesaian-tol-krian-legundi-bunder-manyar-mundur-akibat-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke