Salin Artikel

Wali Kota Ambon: Rumah Sakit Penuh, 53 Pasien Positif Masih di Rumah

AMBON, KOMPAS.com - Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy mengungkapkan, saat ini ada sebanyak 53 pasien positif Covid-19 di Kota Ambon yang masih berada di rumah dan belum bisa dirawat di rumah sakit dan lokasi karantina di Kota Ambon.

Richard mengatakan, puluhan pasien positif tersebut masih bertahan di rumahnya lantaran seluruh rumah sakit dan pusat karantina pasien Covid-19 di Kota Ambon telah penuh.

“Saat ini, ada 53 pasien masih di rumah karena semua rumah sakit sudah penuh, lokasi karantina juga tidak bisa lagi menampung semua,” kata Richard, dalam acara diskusi dengan topik pergulatan Maluku di tengah pandemi, yang digagas Forum Bahasa Media, via video konferensi, Selasa (16/6/2020) malam.

Richard menuturkan, untuk mengantisipasi masalah tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Maluku untuk memakai Balai Diklat Pertanian sebagai lokasi penampungan para pasien positif.

“Karena semua sudah penuh, maka kami koordinasi untuk pakai balai diklat pertanian, dan besok itu sudah bisa dipakai,” kata dia.

Richard mengaku, Pemerintah Kota Ambon juga mencari solusi lain untuk mengantisipasi lonjakan pasien yang akan terjadi dalam beberapa pekan ke depan.

Salah satunya, dengan mencari hotel untuk para pasien.

“Kami juga lagi cari hotel untuk tempat menampung pasien ini, kami pikirkan semua solusinya agar semua masalah bisa tertangani,” kata dia.


Ia menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh tanaga medis di Kota Ambon yang selama ini terus bekerja siang dan malam tidak hanya untuk merawat para pasien, tapi juga melakukan tracing untuk memutus rantai penyebaran Cocid-19 di Kota Ambon.

“Saya menyampaikan rasa terima kasih yang tinggi kepada seluruh petugas medis yang siang malam bekerja, dan sangat agresif dan proaktif untuk melakukan tracing meski dalam beberapa kasus mereka selalu mendapat penolakan,” ungkap dia.

Berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Ambon, hingga Selasa (16/6/2020) tercatat pasien terkonfirmasi positif corona di Ambon sebanyak 366 orang.

Rinciannya, 84 pasien sudah dinyatakan sembuh, 10 meninggal dunia dan 272 pasien masih menjalani perawatan.

https://regional.kompas.com/read/2020/06/16/21494931/wali-kota-ambon-rumah-sakit-penuh-53-pasien-positif-masih-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke