Salin Artikel

Pasien Positif Corona di Kepri Bertambah 5, Ini Riwayat Terpapar dan Klasternya

Saat ini di Kepri pasien positif Corona bertambah menjadi 111 kasus, angka ini meningkat setelah terjadi penambahan sebanyak lima pasien positif di Batam, berdasarkan data hasil pemeriksaan swab yang dilakukan oleh Tim analis BTKLPP Kelas I Batam.

Isdianto mengatakan kasus baru yang ditemukan ini merupakan hasil screning dan tracing closes contact kluster terkonfirmasi positif  kasus 032 Batam dan kasus 035 Batam yang telah meninggal dunia.

“Lima pasien baru ini semuanya laki-laki yang terpapar dari klaster kasus 032 Batam dan kasus 035 Batam yang telah meninggal dunia,” kata Isdianto melalui telepon, Kamis (14/5/2020).

Teman WNA positif corona

Lima pasien yang baru terpapar corona tersebut, yakni pertama seorang laki-laki berinisial OA berusia 44 Tahun, Wiraswasta dan tinggal di Kompleks Masjid kawasan Sungai Harapan Kelurahan Sungai Harapan Kecamatan Sekupang, Batam.

OA merupakan kasus baru Covid-19 kasus 045 Batam atau kasus 078 Kepri. OA pernah berada di satu lokasi tempat tinggal dan merupakan teman sesama jamaah dari kasus WNA Terkonfirmasi Positif Nomor kasus 032 Batam yang telah meninggal dunia.

“Sejauh ini kondisinya dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, dan saat ini masih dalam perawatan isolasi di RSKI Covid-19 di Pulau Galang,” kata Isdianto.

Jemaah tarawih

Kedua, berinisial SK berusia 25 Tahun, Swasta dan tinggal di kawasan perumahan kampung Seraya Kelurahan Seraya Kecamatan Batu Ampar, Batam.

SK ini merupakan kasus baru Covid-19 kasus 046 Batam atau kasus 079 Kepri, dimana yang bersangkutan sebelumnya pernah melaksanakan Shalat Tarawih di salah satu masjid di kampung seraya, yang beberapa jemaahnya pernah kontak dengan kasus WNA terkonfirmasi positif kasus 032 Batam yang telah meninggal dunia.

Kasus 046 Batam ini sebelumnya dilakukan karantina di Rusun Tanjung Uncang yang kemudian dipindahkan ke RSKI Covid-19 Pulau Galang, karena hasil swab tenggorokan yang bersangkutan terkonfirmasi positif.

“Sejauh ini kondisinya dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, dan saat ini masih dalam perawatan isolasi di RSKI Covid-19 Pulau Galang,” jelas Isdianto.


Pulang kegiatan Jamaah Tabligh di Brunei dan Malaysia

Selanjutnya ketiga yang juga seorang laki-laki berinisial P berusia 57 Tahun, Wiraswasta dan tinggal di kawasan perumahan Tiban Kelurahan Patam Lestari Kecamatan Sekupang, Batam.

P merupakan kasus baru Covid-19 kasus 047 Batam atau kasus 080 Kepri, Yang bersangkutan sesungguhnya adalah warga Provinsi Jawa Timur yang singgah atau transit dalam perjalanan pulang setelah mengikuti kegiatan perjalanan pengajian tabligh dari Brunei Darussalam dan Malaysia.

Sebelumnya yang bersangkutan pernah menjalani karantina di Belia antar Bangsa Cheras Malaysia dan selama di Batam tinggal dikawasan perumahan Tiban dengan menempati salah satu rumah warga yang kosong bersama beberapa rekan seperjalanannya.

Mengingat yang bersangkutan baru tiba dari luar negeri pada tanggal 09 Mei 2020 oleh tim Puskesmas Mentarau bersama Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Sekupang dilakukan pemeriksaan RDT yang hasilnya dinyatakan Reaktif.

“Dan setelah dilakukan tes swab, hasilnya terkonfirmasi positif sehingga yang bersangkutan di isolasi di RSKI Covid-19 Pulau Galang,” ujar Isdianto.

Cucu pasien positif 

Keempat inisial DVRN berusia 9 Tahun, Pelajar dan tinggal di kawasan perumahan Bengkong Kelurahan Sadai Kecamatan Bengkong, Batam.

DVRN merupakan kasus baru Covid-19 kasus 048 Batam atau Kasus 081 Kepri, yang bersangkutan merupakan cucu dari kasus terkonfirmasi posistif kasus 044 Batam yang juga berkaitan erat dengan kluster kasus 035 Batam.

“Sejauh ini kondisi kasus 047 Batam stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, dan saat ini sedang proses persiapan untuk dilaukan perawatan isolasi guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSUD Embung Fatimah Batam,” tambah Isdianto.


Kasus baru di Batam Centre

Terakhir seorang Remaja laki-laki berinisial JSB berusia 18 Tahun. Mahasiswa dan tinggal di kawasan perumahan Batam Centre Kelurahan Taman Baloi Kecamatan Batam Kota, Batam.

JSB merupakan kasus baru Covid-19 kasus 049 Batam atau kasus 082 Kepri, dimana yang bersangkutan kurang lebih seminggu sebelumnya mengalami keluhan demam yang disertai dengan batuk berdahak yang bercampur darah.

Selanjutnya tanggal 08 Mei 2020 memeriksakan dirinya untuk berobat pada salah satu fasyankes primer (klinik) dikawasan Baloi Lubuk Baja dan diberikan obat untuk rawat jalan. Selanjutnya mengingat tidak ada perbaikan yang berarti dari keluhan yang dialaminya, tanggal 09 Mei 2020 oleh keluarganya di bawa berobat ke UGD RS Swasta di Kawasan Batam Centre.

Oleh tim medis RS tersebut dilakukan tindakan penanganan dengan pemeriksaan diagnostik laboratorium dan Foto Thorax dengan kesimpulan Pneumonia Suspect TB Paru kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan RDT dengan hasil Reaktif.

“Tanggal 11 Mei 2020 dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya telah diterima pada hari ini dan dinyatakan terkonfirmasi Positif,” ungkap Isdianto.

Lebih jauh Isdianto mengatakan sejauh ini kondisi yang bersangkutan cukup stabil dan masih terus menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Embung Fatimah Batam.

Total 111 kasus positif di Kepri

Isdianto juga menjelaskan untuk Kepri sendiri saat ini total menjadi 82 kasus dan 29 kasus di RSKI Covid-19 Pulau Galang.

“Sehingga update saat ini total menjadi 111 kasus yang tersebar di sejumlah rumah sakit rujukan dan RSKI Covid-19 Pulau Galang,” pungkas Isdianto.

https://regional.kompas.com/read/2020/05/14/15124481/pasien-positif-corona-di-kepri-bertambah-5-ini-riwayat-terpapar-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke