Salin Artikel

Laboratorium Unand Mampu Periksa Sampel Covid-19 dari Bengkulu dan Jambi

Dengan adanya bantuan itu, Laboratorium Kedokteran Unand akan membantu pemeriksaan sampel swab daerah tetangga, Bengkulu dan Jambi.

"Dalam waktu dekat, bantuan itu akan dikirim pemerintah pusat. Kita nantinya akan bantu pemeriksaan swab dari Bengkulu dan Jambi," kata Kepala Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Unand, Andani Eka Putra yang dihubungi Kompas.com, Jumat (17/4/2020).

Andani mengatakan bantuan itu berasal dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebanyak 1.000 reagen dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebanyak 1.000 reagen.

Menurut Andani, kapasitas laboratorium Unand dalam memeriksa sampel swab bisa mencapai 150-200 per hari.

"Sementara saat ini rata-rata baru terpakai 100 sampel per hari sehingga masih bisa digunakan untuk pemeriksaan sampel dari daerah lain," kata Andani.

Berdasarkan informasi, saat ini Bengkulu dan Jambi memeriksakan sampelnya langsung ke Balitbangkes Kemenkes sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menunggu hasilnya keluar.

"Informasinya Jambi dan Bengkulu kirim sampel ke Balitbangkes Kemenses sehingga butuh waktu lama. Jadi, kalau ke Unand nanti bisa cepat," jelas Andani.

https://regional.kompas.com/read/2020/04/17/09333631/laboratorium-unand-mampu-periksa-sampel-covid-19-dari-bengkulu-dan-jambi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke