Salin Artikel

Ini Motif Pembunuhan 2 Orang yang Ditemukan Tewas Tanpa Busana di Solo

KOMPAS.com - Setelah polisi berhasil menangkap C alias G, pelaku pembunuh dua orang yang ditemukan tewas di rumah kontrakan tanpa busana di Solo, Jawa Tengah, fakta baru pun terungkap. Tenyata, motif pelaku membunuh Sunarno (49), warga Ciledug, Tangerang karena ingin menguasai uang milik korban sebesar Rp 725 juta.

"Hasil pemeriksaan kami motif pelaku ingin menguasai uang Rp 725 juta dan barang milik korban," kaat Kasat Reskrim Polresta Solo AKP Purbo Adjar Waskito di Solo, Jawa Tengah, Rabu (15/4/2020).

Dari pengakuan tersangka, kata Purbo, uang Rp 725 juta tersebut akan digunakan korban untuk membeli tanah di wilayah Boyolali.

"Korban mau membeli tanah. Sudah ada kesepakatan dengan tersangka. Tersangka yang mencarikan tanah," ujarnya.

Mengetahui korban membawa uang banyak, sambung Purbo, timbul niatan jahat tersangka untuk menguasai uang tersebut.

Kemudian tersangka meminta korban Triyani yang berada di rumah kontrakan tersebut untuk membuat jus yang telah dicampuri dengan racun tikus.

Setelah mengetahui kedua korban tewas, tersangka kemudian melarikan diri dengan membawa uang tunai milik korban Sunarno sebesar Rp 725 juta.


Atas perbuatannya, kata Purbo, tersangka dikenakan pasal pembunuhan berencana.

"Kita terapkan Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana dengan ancaman hukuman mati atau seumur hidup," tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, dua orang ditemukan tak bernyawa dalam rumah kontrakan di Jalan Pleret Utama, Kampung Banyuanyar, Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Kamis (9/4/2020) sekitar 00.15 WIB.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kedua korban tewas berjenis kelamin laki-laki dan perempuan.

Korban laki-laki adalah Sunarno (49), warga Ciledug, Tangerang. Sedang korban perempuan, Triyani (36), warga Ngadirojo, Wonogiri.

Keduanya ditemukan dalam kondisi terlentang tanpa busana dengan mulut mengeluarkan cairan. Sedang tak jauh dari jasad korban ditemukan sebuah cairan cokelat.

 

(Penulis Kontributor Solo, Labib Zamani | Editor Khairina)

https://regional.kompas.com/read/2020/04/15/20092171/ini-motif-pembunuhan-2-orang-yang-ditemukan-tewas-tanpa-busana-di-solo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke