Salin Artikel

PDP yang Meninggal di Tegal Positif Terinfeksi Virus Corona

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal dr. Sri Prima Indraswari mengemukakan, kepastian itu didapat setelah pihak rumah sakit mendapat hasil rilis swab tenggorokan Senin (30/3/2020).

"Hasil laboratorium PDP yang meninggal keluar semalam. Hasilnya positif," kat Sri Prima Indraswari, kepada Kompas.com, saat dihubungi, Selasa (31/3/2020).

Prima mengatakan, untuk langkah antisipasi, rumah sakit turut melakukan pemeriksaan darah kepada anggota keluarga yang sudah masuk dalam status orang dalam pemantauan (ODP).

Tidak hanya keluarga, perawat atau tenaga medis rumah sakit yang menangani sebelumnya juga turut diminta memeriksa darah.

"Jadi semua yang pernah kontak dengan pasien hari ini diperiksa darahnya. Termasuk keluarga yang sudah ODP, dan perawat rumah sakit yang menangani," kata Prima.

Di luar itu, Prima mengatakan, masih melakukan tracing terhadap siapa saja yang kemungkinan kontak dengan pasien sebelum meninggal.

"Masih kita tracing. Termasuk pasien ini kan riwayatnya sebelum sakit baru pulang dari Jakarta," kata Prima.


Diberitakan sebelumnya, satu pasien warga Kota Tegal berstatus PDP yang dirawat di RSUI Harapan Anda Kota Tegal, Jawa Tengah, meninggal dunia, Selasa (24/3/2020) lalu.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Tegal Johardi mengatakan, kondisi kesehatan pasien PDP berusia 77 tahun warga Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, itu kian memburuk sejak dirawat empat hari terakhir.

"Dalam tiga sampai empat hari terakhir kondisi kesehatannya terus menurun. Meninggal dini hari antara 01.00 WIB hingga 02.00 WIB di RSUI Harapan Anda," kata Johardi, yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tegal, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (24/3/2020).

Waktu itu, Johardi belum bisa memastikan pasien meninggal karena terpapar virus corona atau tidak. Pasalnya, hasil uji usap tenggorokan dari Balitbang Kemenkes belum keluar.

Johardi mengatakan, dua hari sebelum masuk rumah sakit, pasien ini pulang bepergian dari Jakarta.

Sementara itu, Data Dinas Kesehatan Kota Tegal hingga Selasa (31/3/2020) mencatat ada 2 kasus terkonfirmasi positif corona. Satu meninggal, satu masih dirawat di RSUD Kardinah.

Sementara jumlah PDP tercatat ada 27 orang, 11 dirawat dan 17 lainnya sudah pulang dinyatakan sembuh atau negatif corona. Sedangkan ODP berjumlah 101 orang.

https://regional.kompas.com/read/2020/03/31/17082031/pdp-yang-meninggal-di-tegal-positif-terinfeksi-virus-corona

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke