Salin Artikel

UPDATE 28 Maret: Jumlah Positif Corona di Kepri Jadi 6, Pasien Keenam Sempat Menghilang Saat Akan Dibawa ke RS

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), Rustam, melalui WhatsApp ke Kompas.com, Sabtu. 

Menurut dia, pasien keenam positif corona di Kepri ini telah dirawat di ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Raja Ahmad Thabib.

Sebaran pasien positif corona di Kepri yakni di Tanjungpinang dua orang, Karimun satu orang dan Batam tiga orang.

Hanya saja untuk satu pasien di Batam telah meninggal dunia, yakni pasien ketiga yang terpapar di klaster Bogor.

Pasien keenam positif corona Kepri pulang dari Malaysia

Pasien keenam yang dinyatakan positif corona merupakan seorang laki-laki yang berusia 56 tahun. Hasil positif diketahui melalui hasil laboratorium BTKL Jakarta yang diterima sekitar pukul 13.30 WIB, Jumat 26 Maret 2020.

“Hasilnya kami terima sekitar pukul 13.30 WIB, Jumat 26 Maret 2020 dari BTKL Jakarta, hanya saja baru tadi siang kami mendapatkan kepastiannya,” kata Rustam.

Hsil tracing memperlihatkan jika pasien keenam ini sebelumnya diketahui berangkat ke Malaysia bersama rombongan sebanyak 10 orang termasuk SA asal Tarempa, serta SJ dan HJ asal Pekanbaru.

Juga bersama Mt, Aa, Ah, Sy, Sn dan Ij yang merupakan warga Tajungpinang.

Pasien keenam ini berangkat pada Minggu, 1 Maret 2020 melalui Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura Tanjungpinang ke Sri Petaling dan Batu pahat Malaysia dalam rangka mengikuti suatu kegiatan.

Kemudian rombongan kembali ke Tanjungpinang melalui Pelabuhan Sri Bintan Pura pada tanggal 13 Maret 2020 dan langsung menuju salah satu tempat dan menginap di sana selama satu hari.

Kemudian melanjutkan ke tempat lain selama tiga hari, setelah itu kembali lagi ke tempat awal pada tanggal 17 Maret 2020. 


Pasien keenam sempat mangkir saat akan dirujuk ke RS

Pada hari Selasa, 17 Maret 2020 pasien keenam ini mengeluh demam, batuk, pilek, nyeri otot dan badan terasa sakit serta mengalami mimisan.

Selanjutnya pada hari Rabu,18 Maret 2020 pasien keenam ini berobat ke Dokter Praktik Mandiri, setelah itu pulang dan istirahat, namun kesehatannya tidak mengalami perbaikan.

Pasien keenam ini malah mengalami penurunan kesehatan dan sedianya akan dirujuk ke RSUP Raja Ahmad Thabib.

“Namun yang bersangkutan malah mangkir dan tidak dapat dilacak sehingga gagal dibawa ke RSUD Raja Ahmad Thabib pada hari itu,” jelas Rustam.

Selanjutnya pada hari Kamis, 19 Maret 2020 pukul 21.00 WIB keberadaan pasien keenam ini diketahui dan langsung dirujuk ke RSUP Raja ahmad Thabib oleh tim dari Dinas Kesehatan Tanjungpinang.

Tracing anggota keluarga

Hari Jumat tanggal 20 Maret 2020, baru dilakukan pengambilan swab tenggorokan terhadap si pasien yang dilakukan oleh tim BTKL Batam dan petugas Dinas Kesehatan Tanjungpinang.

“Dan Jumat 27 Maret 2020 baru diterima hasil pemeriksaan sampel swab tenggorokannya dari Balitbangkes RI melalui BTKL PP dengan kesimpulan terkonfirmasi hasil positif,” papar Rustam.

Saat ini, lanjut Rustam tim kesehatan sedang berupaaya melakukan kontak tracing terhadap semua orang yang ditengarai telah kontak dengan pasien keenam ini telah dilakukan termasuk seluruh keluarga dan sebagian telah dilakukan pemeriksaan sampel.

Sayangnya sampai saat ini Rustam belum menjawab dari klaster mana pasien keenam ini terpapar.

https://regional.kompas.com/read/2020/03/28/18324261/update-28-maret-jumlah-positif-corona-di-kepri-jadi-6-pasien-keenam-sempat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke