Salin Artikel

Rektor UGM Kenang Sumbangan Pemikiran Iwan Dwiprahasto dalam Bidang Kedokteran

Iwan meninggal dunia pada Selasa (24/3/2020).

Semasa hidupnya, Iwan yang dikenal sebagai sosok profesor santun dan lemah lembut, telah menyumbang banyak pemikiran dalam bidang keilmuannya.

Salah satu kontribusi Iwan dalam bidang farmakologi diungkapkan Rektor Universitas Gadjah Mada Panut Mulyono.

Dalam pidato pengukuhan Guru Besar UGM pada 7 Januari 2020, Iwan Dwiprahasto menyampaikan kurangnya informasi bukti ilmiah baru tentang obat dan farmakoterapi yang menghantui kalangan profesional kesehatan di negara-negara berkembang seperti Indonesia.

Kala itu, Iwan mengungkapkan, kelemahan ini yang dimanfaatkan duta-duta farmasi sebagai peluang dan secara gencar membanjiri para dokter dengan informasi-informasi tentang obat mereka.

Keterbatasan informasi ini menjadikan off-label use of drug sangat marai dalam praktik sehari-hari.

"Dalam pidatonya beliau mengajak para profesional kesehatan untuk senantiasa mengacu pada bukti-bukti ilmiah terkini untuk menjaga kesehatan masyarakat," kata Panut dalam sambutannya di acara doa bersama untuk Iwan Dwiprahasto di Balairung UGM, Selasa (24/03/2020).


"Keeping up to date bukanlah sekedar slogan tetapi merupakan prasyarat fundamental dalam implementasi evidence based medicine," sambung Panut yang mengulangi pidato Iwan.

Panut juga mengenang sumbangsih Iwan selama memegang sejumlah jabatan di UGM. Sebagai informasi, Iwan pernah menjadi Wakil Rektor UGM dan Dekan Fakultas Kedokteran UGM.

"Beliau selalu memberikan terobosan-terobosan terbaru khususnya untuk peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran di UGM," sebut Panut.

Iwan meninggal dalam usia 58 tahun di Rumah Sakit Umum Pusat Dr Sardjito Yogyakarta pada Selasa (24/3/2020) 00.04 WIB. Dia merupakan salah satu warga Yogyakarta yang positif terinfeksi virus corona.

https://regional.kompas.com/read/2020/03/24/11364221/rektor-ugm-kenang-sumbangan-pemikiran-iwan-dwiprahasto-dalam-bidang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke