Salin Artikel

Cegah Penyebaran Corona, Penerbangan Komersil Menuju Wamena Segera Ditutup

Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua di Wamena mengatakan, penutupan akses itu merupakan keputusan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Jayawijaya pada rapat Senin (23/3/2020) sore.

"Kita lakukan ini selama 14 hari ke depan, mulai terhitung Kamis (26/3/2020) khusus untuk pesawat penumpang dari Jayapura ke Wamena. Begitu juga bagi pesawat berbadan kecil atau perintis," kata Jhon melalui sambungan telepon, Senin.

Jhon mengatakan, penutupan akses itu merupakan langkah untuk memutus mata rantai penularan corona ke wilayah pegunungan tengah Papua.

Ia memastikan penerbangan pesawat kargo atau pesawat barang tidak ditutup, sebab kebutuhan masyarakat di wilayah pegunungan semuanya mengandalkan jalur udara dari Bandara Wamena.

"Ini bukan tindakan lockdown, tetapi hanya untuk antisipasi penyebaran dari penerbangan. Pesawat penumpang yang ditutup sementara," katanya.

Pesawat Hercules yang beroperasi juga tidak diperbolehkan mengangkut penumpang ke Wamena.

Pemerintah Kabupaten juga berencana melakukan penyemprotan disinfektan terhadap setiap barang yang tiba dari luar Jayawijaya di Bandara Wamena.

"Kami mengimbau masyarakat dapat memilih berdiam diri di rumah masing-masing jika memang itu tidak terlalu penting untuk keluar rumah. Begitu juga dengan aktivitas keramaian lain," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2020/03/23/21150661/cegah-penyebaran-corona-penerbangan-komersil-menuju-wamena-segera-ditutup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke