Salin Artikel

RSUD Ulin Banjarmasin Pulangkan 4 PDP, 1 Pasien Positif Masih Diisolasi

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Sebanyak empat Pasien dalam pengawasan (PDP) yang diisolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dinyatakan negatif virus corona (Covid-19).

Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan Pengendalian dan Pencegahan COVID 19 Kalsel M Muslim mengatakan, keempat pasien tersebut akhirnya diperbolehkan pulang.

Muslim menambahkan, RSUD Ulin Banjarmasin sampai saat ini masih merawat 3 PDP dan 1 pasien positif Covid 19.

"Yang saat ini dirawat total jumlah 4 orang. 3 PDP dan 1 yang terkonfirmasi positif," ujar Muslim dalam keterangan persnya, Senin (23/3/2020).

Sebelum memulangkan 4 PDP, kata Muslim, RSUD Ulin Banjarmasin juga menerima rujukan 2 orang pasien asal Kabupaten Banjar.

Seorang pasien rujukan berjenis kelamin perempuan berusia 50 tahun, masuk ke RSUD Ulin Banjarmasin pada Minggu (22/3/2020) malam.

Sementara seorang lagi sebelumnya adalah Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan langsung dinaikkan statusnya menjadi PDP.

"Saat masuk mengalami beberapa masalah dan saat ini juga sudah menjalani perawatan, dan 1 orang lagi langsung kita naikkan dari ODP menjadi PDP," jelasnya.

Dikatakan Muslim, jumlah ODP di Kalsel juga menunjukkan kenaikan signifikan.

Dari data yang dimiliki, terdapat 416 ODP yang sehari sebelumnya hanya 386 ODP.

Meski begitu, seorang ODP terpantau sudah menjalani masa inkubasi selama 14 hari sehingga sudah dipastikan tidak lagi menjadi ODP.

"Masuk dalam kategori pemantauan itu sekarang 415, pagi tadi 416. Jadi ada yang bertambah, tapi juga berkurang 1 orang," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2020/03/23/19561411/rsud-ulin-banjarmasin-pulangkan-4-pdp-1-pasien-positif-masih-diisolasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke