Salin Artikel

Dinkes Masih Kesulitan Cari Panitia Seminar di Bogor yang Diduga Jadi Lokasi Penyebaran Covid-19

KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Bogor sampai saat ini masih kesulitan mencari panitia pelaksana seminar di sebuah hotel di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, bahkan contact person panitia tersebut tidak dapat dihubungi.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Seksi Surveilans Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Adang Mulyana.

"Di web-nya dicari ternyata ada kantornya dan ketemu, tapi sudah pindah. Kemudian tracking berapa nomor telepon tidak ada yang angkat," katanya saat ditemui Kompas.com di Cibinong, Senin (16/3/2020).

Sambungnya, berdasarkan hasil penelurusuran atau tracking yang dilakukan tim dari Dinkes, acara seminar tersebut memang benar terjadi.

Seminar itu, katanya, bertemakan Masyarakat Tanpa Riba (MTB) yang diadakan pada 25 Febuari hingga 28 Febuari 2020.

Dalam seminar itu, lanjutnya, dari keterangan pihak hotel bahwa jumlah pesertanya sekitar 200 orang.

"Kan saya belum ketemu penyelenggaranya, tapi kata pihak hotel sih sekitar 200 peserta dan itu bukan dari Bogor semua, ada yang dari luar," ujarnya.


Adang mengatakan, belum bisa memastikan apakah penularan Covid-19 terhadap sejumlah orang terjadi di lokasi seminar tersebut.

Dia menduga, kemungkinan pasien yang positif corona di berbagai daerah itu terpapar saat berpindah tempat tidur atau di perjalanan.

Pasalnya, hotel lokasi seminar tersebut hanya memiliki 112 kamar. Dengan kata lain, ada peserta seminar yang memilih menginap di luar hotel.

"Katanya sih ada yang nginep sehari, ada yang dua hari, ada yang nginepnya enggak di situ. Kalau ditanya di luar hotel nginepnya, itu saya enggak tahu, karena belum ketemu panitia," katanya.


Selain melakukan tracking terhadap para peserta seminar tersebut, pihak Dinkes juga melakukan sterilisasi di sekitar tempat seminar.

Bahkan Dinkes pun memeriksa sebanyak 15 orang karyawan hotel yang terlibat langsung di acara seminar MTB.

Para karyawan ini pun telah mengikuti masa inkubasi selama 14 hari dan sudah melewati semuanya. Hasilnya,15 karyawan hotel itu telah dinyatakan negatif Covid-19.

"15 pegawai warga Bogor ini sudah selesai inkubasi, seluruhnya bagus semua, sehat. Jadi 15 orang ini sudah beres, tinggal nyari si penyelenggara seminar," katanya.

 

(Penulis Kontributor Kabupaten Bogor, Afdhalul Ikhsan | Editor Abba Gabrillin)

https://regional.kompas.com/read/2020/03/20/16443571/dinkes-masih-kesulitan-cari-panitia-seminar-di-bogor-yang-diduga-jadi-lokasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke