Salin Artikel

Warga Tegal yang Alami Gejala Terinfeksi Virus Corona Bisa Hubungi Nomor Ini

Melalui nomor PSC 119, dan 082211555119, diharapkan warga bisa segera melapor jika mengalami gejala mirip orang terinfeksi corona.

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono mengungkapkan, nomor aduan tersebut sudah tertuang dalam surat edaran yang ditandatangani dan disebarkan.

Dedy juga sudah sejumlah kebijakan sebagai langkah kesiapsiagaan dan antisipasi penyebaran corona.

Di antaranya dengan meliburkan semua sekolah, menutup tempat pariwisata, tempat hiburan malam, membatasi pengunjung rumah sakit, dan lainnya.

Termasuk meminta seluruh pengelola tempat publik seperti restoran, rumah makan, dan pusat perbelanjaan, hingga perkantoran agar menyediakan hand sanitizer atau tempat cuci tangan dilengkapi sabun.

Tak hanya itu, semua agenda baik skala kecil maupun besar Pemkot yang mengumpulkan banyak orang juga sudah dibatalkan. Mulai dari agenda lokal hingga nasional.

Agenda perayaan Hari Jadi Kota Tegal ke-440 pada April mendatang dan pertemuan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Korwil III juga dibatalkan.


Selain nomor aduan, Pemkot Tegal juga memberikan layanan informasi tentang Covid-19 dalam Website: dinkes.tegalkota.go.id dan Instagram di @dinkeskotategal.

"Berharap berbagai upaya yang diambil dapat mencegah penyebaran wabah corona yang saat ini sudah menjadi pandemi di dunia," kata Dedy, di Balai Kota Tegal, Senin (16/3/2020)

Pemkot Tegal, kata Dedy juga telah menyediakan 11 ruang isolasi. Tiga ruangan di rumah sakit pemerintah, dan 8 ruangan isolasi milik swasta.

"Kalau dibutuhkan jumlahnya bisa ditambah," ujar Dedy.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal dr. Sri Prima Indraswari menambahkan, ada sejumlah langkah penting untuk menangkal seseorang agar terhindar dari corona.

Di antaranya dengan meningkatkan kekebalan tubuh melalui makan makanan bergizi, istirahat cukup, dan rajin berolahraga.

"Kemudian berperilaku hidup bersih, dengan rajin cuci tangan menggunakan sabun. Serta menerapkan etika batuk dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar," pungkas Prima.

https://regional.kompas.com/read/2020/03/16/19441711/warga-tegal-yang-alami-gejala-terinfeksi-virus-corona-bisa-hubungi-nomor-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke