Salin Artikel

4 Warga di Tapanuli yang Diobservasi Dinyatakan Negatif Virus Corona

Namun, keempat warga tersebut masuk dalam kategori orang dalam pemantauan.

"Jadi sampai saat ini, jumlah warga yang kita lakukan observasi ada empat orang. Tiga orang sebelumnya kita lakukan di rumah dan satu orang lagi masih berada di rumah sakit," ujar Direktur RSUD Tarutung Jandri Nababan, Sabtu (7/3/2020).

Menurut Jandri, seluruh warga yang dioservasi tersebut kondisinya dalam keadaan sangat baik.

"Kalau untuk mengarah ke corona, sudah kita pastikan negatif dan mereka kita kategorikan orang dalam pemantauan," ujar Jandri.

Satu warga yang baru diobservasi memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri.

Warga tersebut memiliki gejala mirip pneumonia.

"Tapi kondisinya stabil dan kita rawat sebagai pasien infeksi biasa. Namun tetap kita awasi," kata Jandri.

Sebelumnya, seorang wanita yang tinggal bersama ibu dan satu saudaranya di Tarutung, Tapanuli Utara, sempat dikabarkan suspect corona.

Namun, setelah dilakukan pemeriksaan medis, hasilnya negatif.


Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan mengatakan, setelah mendapat informasi soal adanya satu warga yang diduga suspect corona, dia langsung memerintahkan Dinas Kesehatan bersama tim medis dari RSUD Tarutung untuk mengecek dan melakukan pemeriksaan.

"Sudah kita cek, hasilnya negatif," kata Nikson.

Nikson menyampaikan, RSUD Tarutung sebagai salah satu rumah sakit rujukan telah siap menangani pasien dengan gejala virus corona.

Nikson mengimbau kepada Dinas Kesehatan dan pihak Bandara Silangit untuk melakukan pengawasan ketat kepada setiap warga yang masuk dan keluar dari Bandara Internasional tersebut.

"Untuk antisipasi kita terus lakukan, dari sosialisasi selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat. Juga memeriksa setiap wisatawan yang masuk dan keluar dari Bandara Silangit," ujar Nikson.

https://regional.kompas.com/read/2020/03/08/10331961/4-warga-di-tapanuli-yang-diobservasi-dinyatakan-negatif-virus-corona

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke