Salin Artikel

Makan Siang Bareng di Solo, Risma dan Gibran Saling Tukar Pengalaman

Risma tampak datang lebih dahulu ke rumah makan sekitar 13.30 WIB. Selang beberapa saat disusul putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Risma sempat menyumbang satu lagu di rumah makan. Belum selesai menyanyikan lagu, Gibran tiba di rumah makan. Keduanya langsung masuk ke dalam ruangan rumah makan.

Kedua kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) itu terlihat kompak memakai pakaian batik cokelat lengan panjang.

"Kemarin saya dapat kabar Mas Gibran ingin ketemu saya. Hari ini kebetulan saya ada di Solo saya ketemu sama Mas Gibran," kata Risma, Rabu (4/3/2020).

Menurut dia, Gibran ingin menanyakan program yang dijalankan di Surabaya. Salah satunya adalah tentang cara meningkatkan perekonomian warga.

"Jadi Mas Gibran banyak tanya kesejahteraan warga. Mas Gibran tertarik di situ," ungkapnya.

"Iya apa yang sudah saya lakukan di Surabaya. Misalkan untuk pemberdayaan UMKM, pemberdayaan untuk anak muda, para petani, toko kelontong, urban farming," tambahnya.

Risma menyampaikan pertemuannya dengan Gibran tersebut juga merupakan arahan Ketum Megawati Soekarnoputri, yaitu bisa saling belajar program antar kader.


Bagi generasi muda, jelas Risma, Gibran mengatakan tentang belajar cara memberdayakan UMKM anak muda. Kemudian membuat perusahan rintisan.

"Insyaallah kita akan lanjutkan lagi untuk komunikasinya," tutur Risma.

Gibran menambahkan, pertemuannya dengan Risma tersebut adalah untuk berkonsultasi sekaligus saling bertukar ilmu bagaimana UMKM bisa tumbuh, memberi pendampingan, membantu branding, pemasaran dan lainnya.

"Makan pecel sekaligus kuliah. Hari ini saya menyerap banyak ilmu yang bisa diterapkan di Solo," kata Gibran.

Menurut Gibran, masih akan ada pertemuan berikutnya dengan orang nomor satu di Surabaya.

Gibran juga menilai Risma merupakan sosok pemimpin berprestasi, mau turun ke lapangan, memahami permasalahan di kampung, dan juga bisa memberikan solusi yang pas.

"Ini inisiatif sendiri bertemu sama Bu Risma. Tadi kebetulan Bu Risma ada acara di Solo lalu saya kontak ajudannya apakah ada waktu makan siang. Ternyata ada waktu," ujar suami Selvi Ananda.

https://regional.kompas.com/read/2020/03/04/16055571/makan-siang-bareng-di-solo-risma-dan-gibran-saling-tukar-pengalaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke