Salin Artikel

Festival 79 Tahun Kebun Raya Purwodadi, Ada Apa Saja?

Perayaan HUT Kebun Raya Purwodadi ini dikemas dalam "Festival 79 Tahun Kebun Raya Purwodadi" yang bertempat di Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur, Minggu, (2/2/2020).

Kepala LIPI Laksana Tri Handoko mengatakan, pihaknya terus berupaya menjadikan Kebun Raya Purwodadi sebagai kawasan konservasi.

Kebun Raya Purwodadi juga merupakan kawasan riset untuk flora dari ekoregion dataran rendah kering Indonesia.

Menurut Handoko, Kebun Raya Purwodadi menjadi rujukan bagi kebun raya daerah lain di sekitarnya.

"Lewat Kebun Raya Purwodadi, LIPI juga terus berkomitmen untuk membuat konservasi flora dataran rendah kering Indonesia, termasuk jenis-jenis yang endemik dan terancam punah," kata Handoko, Minggu.

Sementara itu, Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI R Hendrian menjelaskan, koleksi tumbuhan di Kebun Raya Purwodadi dikelompokkan ke dalam beberapa lanskap koleksi tanaman dan beberapa taman tematik.

Tanaman tematik itu antara lain, palem, paku, taman meksiko, bambu, tanaman obat, polong-polongan, area yang dihutankan, mangga, pisang, dan tanaman bougainvillea (bunga kertas).

"Selain itu juga koleksi anggrek dan hoya dalam rumah kaca, serta koleksi biji-bijian dalam bank biji," kata Hendrian.

Ia menuturkan, bank biji merupakan wahana alternatif yang potensial untuk konservasi sumber daya hayati.

"Di samping ukurannya relatif kecil, juga tidak memerlukan ruang simpan yang cukup besar untuk dapat menghimpun keanekaragaman jenis tumbuhan," tutur Hendrian.


Beragam acara

Festival 79 Tahun Kebun Raya Purwodadi diisi dengan Plant and Fruit Festival yang merupakan kolaborasi Kebun Raya Purwodadi dan masyarakat.

Festival ini menampilkan berbagai tumbuhan dan hasil bumi.

Selain itu, perayaan HUT ke-79 Kebun Raya Purwodasi juga menyuguhkan Music Enthusiast untuk memperkenalkan dan menghibur pengunjung kepada kesenian daerah Jawa Timur, dengan bintang tamu Denny Caknan.

Tak hanya itu, festival juga diisi Social Experience, dengan rangkaian acara yang memeriahkan pengalaman pengunjung di festival ini, antara lain fun games, donor darah, dan kumpul komunitas.

Kebun Raya Purwodadi yang juga dikenal dengan nama Hortus Iklim Kering Purwodadi didirikan pada 30 Januari 1941 oleh Dr L G M Baas Becking.

Kebun seluas 85 hektar ini mengoleksi 12.389 spesimen tumbuhan yang hidup di dataran rendah kering.

Saat ini, Kebun Raya Purwodadi dikelola oleh LIPI, yang juga mengelola Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Bali, dan Cibinong Science Center-Botanical Garden.

https://regional.kompas.com/read/2020/02/03/11414161/festival-79-tahun-kebun-raya-purwodadi-ada-apa-saja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke