Salin Artikel

Surili Berkeliaran di Permukiman Penduduk, BKSDA Pasang Perangkap

Camat Cibeber, Ali Akbar, mengatakan, tim dari BKSDA Jawa Barat telah datang ke lokasi untuk mendeteksi keberadaan surili.

“Perangkap dipasang di halaman kantor desa di bawah pohon yang sering didiami surili,” kata Ali kepada Kompas.com, Minggu (19/01/2020).

Di dalam perangkap berbentuk kerangkeng itu disimpan buah-buahan, dengan harapan menarik minat surili untuk masuk dan mengambilnya.

“Dipasang sejak Jumat kemarin. Namun belum berhasil,” ujarnya.

Menurut Ali, seekor surili hampir masuk ke dalam kerangkeng untuk mengambil buah. Namun, naik lagi ke atas pohon ketika di sekitar ada aktivitas warga.

“Sebenarnya bukan tipikal kera agresif. Karena selalu menghindar dan menjauh dari manusia,” kata dia.

“Semoga bisa segera tertangkap agar bisa dilepasliarkan ke habitat aslinya. Kasihan juga, karena di sini bukan tempatnya,” ucap Ali.

Sebelumnya diberitakan, warga Desa Sukaraharja, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, dikejutkan dengan kehadiran surili, hewan jenis kera yang berkeliaran di lingkungan permukiman.

Primata yang pernah dijadikan maskot PON Jabar 2016 itu, sejak sepekan terakhir kerap menampakkan diri, bergelantungan di pohon pekarangan rumah, dan bertengger di atap-atap rumah warga.

https://regional.kompas.com/read/2020/01/19/09405731/surili-berkeliaran-di-permukiman-penduduk-bksda-pasang-perangkap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke