Salin Artikel

Ini Alasan 4 Keluarga Jokowi Berniat Maju Pilkada 2020

KOMPAS.com - Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 akan digelar sebentar lagi.

Dari sekian banyak tokoh politik yang akan bertarung dalam pesta demokrasi itu, banyak masyarakat menyoroti rencana majunya keluarga besar Presiden RI Joko Widodo dalam Pilkada tersebut.

Dari informasi yang dihimpun Kompas.com, sedikitnya ada empat keluarga Jokowi yang akan ikut bertarung dalam Pilkada nanti.

Sejumlah nama keluarga Jokowi yang muncul itu di antaranya adalah Gibran Rakabuming Raka, Bobby Nasution, Wahyu Purwanto, hingga Doli Sinomba Siregar.

Lantas apa alasan keluarga besar Jokowi itu tertarik terjun di dunia politik.

Berikut ini fakta selengkapnya:

Putra sulung Presiden RI Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka awalnya merupakan sosok yang anti politik.

Bahkan, sebelumnya ia mengaku tidak tertarik terjun ke politik seperti bapaknya karena ingin fokus menggeluti bisnis yang ditekuninya.

Seperti diketahui, suami dari Selvi Ananda itu memiliki beragam bisnis kuliner yang dijalankan. Seperti katering Chilli Pari, Markobar, Goola, Mangkok Ku, dan lainnya.

Namun belakangan, ia justru berubah pikiran. Dan menunjukan keseriusannya untuk maju dalam Pilkada Kota Solo, Jawa Tengah, pada 2020 nanti.

Alasannya tertarik terjun di politik, karena ingin membantu masyarakat melalui kebijakan politik yang akan dilakukan.

"Beberapa tahun terakhir ini saya mulai bertemu banyak orang. Saya beranggapan bahwa kalau begini-gini terus, orang yang bisa saya bantu itu cuma ya begini-gini saja," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Jumat (1/11/2019).

"Misal saya punya CSR. Saya punya les Inggris gratis muridnya sudah ribuan. Kalau saya cuma jadi pengusaha, yang bisa saya bantu cuma ribuan saja. Kalau saya bisa masuk politik, yang bisa saya bantu ya kalau di Solo 600.000 orang melalui kebijakan saya," kata dia.

Menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution juga berencana maju dalam Pilkada 2020 mendatang.

Bobby diketahui telah mendaftarkan diri untuk maju sebagai bakal calon Wali Kota Medan melalui Partai Golkar pada 13 Desember 2019.

Alasannya memilih partai Golkar untuk kendaraan politiknya, karena mendapatkan arahan dari senior di partai tersebut.

Meskipun tidak secara gamblang menyampaikan program yang akan diusung, namun dalam berbagai kesempatan Bobby mengaku telah memiliki visi dan misi untuk memajukan Kota Medan.

Dan partai Golkar diyakini akan mendukung niatnya.

“Saya sangat memohon doanya untuk sama-sama kita mengerakkan, sama-sama kita membangun kota Medan,” ujar dia.

Sementara itu saat disinggung mengenai sikap Jokowi terkait keinginannya untuk terjun di dunia politik, ia mengaku sangat terbuka.

"Kalau Bapak itu tergantung keinginan anak-anaknya dan tidak pernah mengatur. Kalau mau politik, ya terjun ke politik. Kalau mau bisnis ya bisnis yang penting kerja mesti sungguh-sungguh dan betul-betul," ungkap Bobby, seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diberikan humas DPW Partai NasDem Sumut, Rabu (11/9/2019).

Selain menantu, adik ipar Jokowi, Wahyu Purwanto juga dikabarkan bakal maju dalam Pilkada di Gunung Kidul, Yogyakarta.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Nasdem Gunungkidul Suparjo membenarkan informasi tersebut.

Nasdem Gunungkidul telah menyodorkan nama adik ipar Jokowi itu dengan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul Bahron Rasyid sebagai pasangannya.

Namun demikian, terkait kepastiannya masih menunggu keputusan dari DPP Partai Nasdem.

“Surat rekomendasi turun sekitar Februari atau Maret nanti. Keputusan tergantung pusat,” kata Suparjo saat dihubungi, Senin (13/1/2020).

Lebih lanjut ia mengatakan, alasannya mendukung Wahyu maju dalam Pilkada selain karena faktor keluarga Jokowi juga komitmennya untuk membangun Gunungkidul.

“Kalau bisa menang (pilkada) koordinasi dengan pusat kan lebih mudah, tetapi faktor keluarga presiden itu hanya satu faktor saja. Faktor lainnya komitmen Pak Wahyu membangun Gunungkidul sudah sejak lama,” kata Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem DIY Suharno saat dihubungi.

Paman Bobby Nasution, Doli Sinomba Siregar juga akan meramaikan perhelatan Pilkada di Tapanuli Selatan (Tapsel).

Niatnya untuk maju sebagai Bupati Tapsel karena sudah mendapatkan dorongan dari berbagai pihak.

Dilansir dari Antara, sebagai bentuk keseriusannya maju Pilkada, ia sudah mendaftarkan diri sebagai bakal calon Bupati ke sejumlah partai.

"Saya sudah mendaftarkan diri sebagai bakal calon Bupati Tapsel ke PDI Perjuangan, PPP, dan Partai Hanura," katanya (11/1/2020).

Doli berharap niatnya mengabdi untuk masyarakat itu mendapat respon positif dari masyarakat.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Markus Yuwono, Dewantoro, Labib Zamani | Editor: Teuku Muhammad Valdy Arief, David Oliver Purba, Robertus Belarminus), Antara

https://regional.kompas.com/read/2020/01/19/07000051/ini-alasan-4-keluarga-jokowi-berniat-maju-pilkada-2020

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke