Salin Artikel

Cerita di Balik Modifikasi Vespa Mirip Formula 1 yang Diamankan Polisi

Kendaraan tersebut adalah sepeda motor Vespa yang dimodifikasi habis hingga tampilannya lebih mirif mobil Formula 1 (F1).

Perombakan motor Vespa hingga tampilannya seperti mobil F1 dilakukan dengan mengangkat semua bodi vespa hingga hanya menyisakan bagian blok mesin besar bersama suspensi motor.

Blok mesin tersebut disimpan di sisi bagian kiri lalu disambungkan dengan ban kiri belakang yang otomatis menjadi penggerak utama.

Mesin Vespa super tersebut kemudian ditempelkan pada rangka yang dibangun dari besi bulat di bagian rangka bawah yang diperkuat besi siku di bagian atas bersama dengan suspensi motor.

Sementara, bagian belakang ban kanan, blok mesin vespa lengkap dengan suspensinya, dipasang setelah sebagian blok mesin dipotong.

Untuk membuat tampilan lebih khas mobil F1, pemiliknya sengaja membuat sayap belakang mobil dengan cara membuat sambungan besi bulat dan siku mengangkat ke atas, yang kemudian dipasangi sayap sederhana yang dibuat dari pelat besi menutupi bagian atas belakang motor.

Memasuki bagian tengah, dominasi besi siku tampak dominan menjadi rangka utama motor modifikasi ini dengan alas pelat besi.

Setidaknya, ada ruang kabin kurang lebih sebesar 1x1,5 meter. Ruang ini menjadi tempat pengemudi.

Namun, tidak ada kursi pengemudi di kabin. Sebagai kursi pengemudi, sebuah ban Vespa sengaja disimpan di kabin.

Lalu di bagian depan, roda kiri dan kanan ditutupi bumper pelat yang dibuat melengkung.

Kemudian, wajah depan motor dimodifikasi mirip mobil yang dibuat dari pelat besi dan sengaja dipasang menurun hingga wajah kendaraan tampak seperti Formula 1.

Tak lupa, gril sederhana pun dipasang untuk mempermanis wajahnya. Namun, hanya ada satu lampu kecil yang dipasang di bagian kanan ban depan.

Kabin pengemudi sendiri dipasangi setir lengkap dengan pedal gas, rem serta kopling di bagian kolong kap depan mobil.

Sementara, untuk perpindahan gear, pemiliknya membuat sebuah gagang di bagian kanan kabin motor.

Hingga Kamis (9/01/2020), vespa modifikasi tersebut masih berada di lapangan tempat barang bukti Satlantas Polres Garut.

Sang pemilik motor belum juga mengambil kendaraan tersebut.

Polisi sendiri tidak mengetahui pasti pemilik Vespa itu karena menghilang saat kendaraannya diamankan.

“Waktu ditilang juga orangnya langsung pergi, motornya ditinggalkan, ada tiga orang di motor ini,” jelas Briptu Riano, anggota unit tilang Satlantas Polres Garut, Kamis (9/01/2020) pagi saat ditemui di lapangan barangbukti Satlantas Polres Garut.

https://regional.kompas.com/read/2020/01/09/12162151/cerita-di-balik-modifikasi-vespa-mirip-formula-1-yang-diamankan-polisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke