Salin Artikel

9 Fakta Jokowi di Ibu Kota Baru, Ungkap Lokasi Istana Presiden hingga Susuri Jalan Perbatasan Nunukan

KOMPAS.com - Pada hari Selasa (17/12/2019), Presiden Joko Widodo mengunjungi lokasi ibu kota baru di Kecamatan Sepaku, Penajam Passer Utara, Kalimantan Timur.

Agenda pertama kali Presiden Jokowi saat itu adalah bertemu dengan para tokoh adat masyarakat.

Pada kesempatan itu, Jokowi menjelaskan alasan Penajam Passer Utara dipilih menjadi lokasi ibu kota baru.

Jokowi juga tak lupa menyatakan "kulo nuwun" kepada 20 tokoh adat dan masyarakat yang hadir.

Berikut ini fakta lengkapnya:

Pertemuan digelar bersama kurang lebih 20 tokoh di Resto de Bandar, Balikpapan, pukul 13.08 Wita.

Jokowi meminta izin dan restu untuk membangun ibu kota baru di Kalimantan Timur, tepatnya di sebagian wilayah Penajam Passer Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

"Saya ingin mengetuk pintu permisi, kalau di Jawa ini kulo nuwun, kepada seluruh tokoh yang hadir di sini atas keputusan yang telah kita ambil untuk memindahkan ibu kota kita, ibu kota negara ke Kalimantan Timur," kata Jokowi.

Dari jumlah tersebut, 149 juta jiwa atai 56 persennya, tinggal di Pulau Jawa.

Tak hanya itu, Jokowi juga menjelaskan bahwa rencana dan studi untuk memindahkan ibu kota sudah berlangsung sejak era Presiden Sukarno.

Lalu, di penghujung acara, Jokowi mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat Kalimantan terkait pemindahan ibu kota baru tersebut.

"Sekali lagi kami sangat menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh tokoh di Kalimantan Timur yang, saya mendapatkan informasi dari Pak Gubernur, dukungan penuh terhadap kepindahan ibu kota ini," kata dia.

Tol Balikpapan- Samarinda dibuka gratis hingga Tahun Baru 2019 setelah diresmikan Presiden Joko Widodo pada Selasa (17/12/2019).

Seperti diketahui, usai bertemu dengan para tokoh adat, Presiden Jokowi segera menuju ke Tol Samboja di Kutai Kertanegara.

Jokowi berharap tol pertama di Pulau Kalimantan itu bisa menciptakan kecepatan dan efisiensi mobilitas orang dan barang antara dua kota besar di Kaltim.

"Biasanya Samarinda-Balikpapan memakan waktu tiga jam, enam jam pulang pergi, bila gunakan jalan tol paling satu jam atau satu jam seperempat," kata Jokowi.

Setelah diresmikan, menurut Dwimawan Heru, CCO Group Head PT Jasa Marga, Rabu (18/12/2019).

Tol Samboja akan mulai beroperasi pada Kamis (19/12/2019). Ada dua pintu yang akan dioperasikan yakni Samboja dan Palaran di Samarinda.

Tol tersebut juga akan digratiskan hingga Tahun Baru 2019.

Seperti dilansir dari setkab.go.id, saat rombongan Presiden Jokowi memasuki Kawasan Konsesi Hak Pengusahaan Hutan, turun hujan deras.

Rombongan Presiden terpaksa melewati jalan berliku, mendaki, dan jalan berbatu yang dipenuhi tanah merah.

Sempat terjadi insiden, minibus yang ditumpangi para menteri selip saat mendaki tanjakan yang cukup tajam. Akibatnya, kendaraan mereka tidak bisa bergerak maju.

Beberapa saat kemudian, terlihat sejumlah menteri turun dari mobil, antara lain Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri ATR Sofyan Djalil, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman.

"Ternyata di kanan jurang. Kita langsung turun ganti mobil," kata Fadjroel.

Setelah melakukan peninjauan, Presiden mengaku puas dengan lokasi ibu kota baru tersebut.

"Jadi yang jelas lokasinya sangat mendukung sekali untuk sebuah kota yang smart city, complex city, kemudian green city," kata Jokowi.

Presiden juga menjelaskan, lokasi yang berkontur perbukitan tak akan menyulitkan dalam membangun ibu kota baru. Justru kontur perbukitan bisa memudahkan pekerjaan arsitek.

"Kalau arsitek atau urban planner diberi sebuah kawasan naik turun bukit pasti akan senang. Lihat saja nanti. Desainernya pasti akan senang sekali," kata Jokowi.

Presiden Jokowi mengatakan, perpindahan ibu kota jangan hanya dilihat sebagai sekadar perpindahan kantor pemerintah.

Namun, Jokowi menginginkan pemindahan ibu kota menciptakan transformasi besar-besaran dalam berbagai aspek.

"Mulai dari pindah cara kerja, budaya kerja, sistem kerja dan juga perpindahan basis ekonomi. Sehingga saya sampaikan kemarin juga bahwa sebelum kita pindah, sistemnya sudah ter-instal dengan baik," kata dia.

Untuk itu, selain kantor pemerintahan, pemerintah juga akan membangun kluster pendidikan.

Dalam kunjungannya itu, Presiden Jokowi juga membagikan rencana lokasi yang akan dibangung untuk klaster pemerintahan, termasuk Istana Kepresidenan.

“Klaster pemerintahan tadi tempatnya kira-kira yang kita lihat tadi di sana,” kata Jokowi kepada wartawan. 

Jokowi menjelaskan, lokasi untuk Istana Kepresidenan akan berada di puncak bukit di wilayah Sepaku. Sementara, kompleks perkantoran dari berbagai kementerian akan berada di sekitarnya.

Salah satu agenda Presiden Jokowi kunjungi di Pulau Kalimantan, Presiden Jokowi, adalah meresmikan pengoperasian Terminal Baru Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin di Banjarbaru, Rabu (18/12/2019) siang.

Jokowi mengatakan, pertumbuhan jumlah penumpang di Kalsel sebesar 7 persen, menandakan Bandara Internasional Syamsuddin Noor sudah sangat dibutuhkan oleh masyarakat Kalsel.

Hal ini dibarengi dengan pertumbuhan penerbangan dari dan ke Kalsel sudah mencapai 10 persen setiap tahunnya.

Selain itu, dirinya juga mengaku terkejut dengan keindahan bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin tersebut.

"Kaget saya, luas sekali dan desainnya bagus, modelnya seperti intan, melambangkan identitas masyarakat Kalsel," puji Jokowi.

Dilansir dari Antara, Presiden Jokowi menyusuri jalan perbatasan di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Kamis (19/12/2019).  Saat itu, Jokowi mengendarai motor Kawasaki W175 yang "dicustom" oleh Katros Garage.

Tampak dalam video yang diunggah di akun Instagram Menteri BUMN Erick Thohir, @erickthohir, Jokowi mengenakan jaket berwarna merah buatan Bulls Syndicate.

Lalu, sejumlah Paspampres dengan motor trail melakukan pengawalan di belakang Presiden Jokowi.

Dalam video itu, Erick merekam kegiatan peninjauan pembangunan jalan perbatasan sepanjang 966 kilometer.

"Diajak Pak Presiden @Jokowi mengunjungi perbatasan Indonesia dan Malaysia naik motor. Saya dibonceng Danpaspampres, Bang Maruli," demikian caption dalam unggahan video @erickthohir itu.

(Penulis: Kontributor Banjarmasin, Andi Muhammad Haswar, Ihsanuddin | Editor: Rachmawati, Fabian Januarius Kuwado, Diamanty Meiliana)

https://regional.kompas.com/read/2019/12/20/06120071/9-fakta-jokowi-di-ibu-kota-baru-ungkap-lokasi-istana-presiden-hingga-susuri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke