Salin Artikel

Ini Fakta Lengkap Penyelamatan KM Lady Nathalia

KOMPAS.com - KM Lady Nathalia yang melakukan pelayarannya dari Alalak Banjarmasin, Kalimantan Selatan menuju Makassar, Sulawesi Selatan ditemukan terombang ambing di perairan Togo-togo Kalukuang, Kabupaten Pangkep, Kamis (12/12/2019).

KM Dharma Ferry 3 yang saat itu melintasi perairan tersebut mengetahui kondisi KM Lady Nathalia yang mengalami mesin mati.

Kemudian KM Dharma Ferry 3 melaporkannya ke Basarnas Makassar, Sabtu (14/12/2019) agar segera dilakukan proses evakuasi.

Mendapat informasi tersebut, Basarnas Makassar langsung bergerak cepat.

Minggu (15/12/2019), KM Lady Nathalia berhasil ditemukan dan seluruh penumpangnya selamat.

Berikut ini fakta selengkapnya :

KM Lady Nathalia berlayar dari Alalak Banjarmasin, Kalimantan Selatan menuju Makassar, Sulawesi Selatan berangkat sejak Rabu (11/12/2019).

Pada Kamis (12/12/2019), ditemukan terombang ambing karena mengalami mati mesin (trouble engine) di tengah lautan oleh KM Dharma Ferry 3, yang saat itu melewati perairan tersebut.

Sabtu (14/2019), Basarnas Makassar mendapatkan laporan terkait matinya mesin KM Lady Nathalia.

Mendapat laporan itu, Basarnas Makassar langsung mengerahkan KN SAR Antasena untuk melakukan evakuasi.

 

Setelah mendapatkan laporan terkait kondisi KM Lady Nathalia yang mati mesin di tengah laut, Basarnas Makassar langsung bergerak cepat untuk melakukan penyelamatan.

Basarnas Makassar langsung mengerahkan KM SAR Antasena untuk melakukan evakuasi.

“Sabtu (14/12/2019), kita baru terima info adanya kapal yang mengalami masalah di sekitar perairan Togo-Togo Kalukuang. Kejadian tanggal 12, tapi baru terima info hari ini. Jadi tadi kru bergerak menggunakan KN Antasena menuju lokasi dugaan terakhir kali kapal dilihat di sekitar 137 NM dari Pelabuhan Paotere, Makassar,” jelas Kepala Kantor Basarnas Makassar, Mustari.

Setelah dilakukan pencarian menggunakan teknologi SAR yang dimiliki, KM Lady Nathalia berhasil ditemukan.

Setibanya di sekitar lokasi, KM Lady Nathalia telah ditarik oleh kapal tugboat Masnur 03 menuju perairan Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

“Dari aplikasi SAR map yang kami miliki, memang diperkirakan kapal tersebut menuju ke perairan Banjarmasin,” ujar Kepala Kantor Basarnas Makassar, Mustari.

Dengan adanya berita telah ditemukannya KM Lady Nathalia, KN SAR Antasena menyelesaikan pencariannya dan kembali ke posko Basarnas Makassar di Pelabuhan Paotere.

Dikabarkan, lima kru KM Lady Nathalia ditemukan selamat meskipun tiga hari terombang ambing di tengah lautan.

“Alhamdulillah, semua ABK dilaporkan ditemukan dalam keadaan sehat, dan saat ini sedang dibawa menuju ke Pelabuhan Banjarmasin. Kelima ABK tersebut yaitu Ahiruddin (44), Donal Rustam (27), Jamaluddin (25), Laode Luhuridin (37), dan satu tukang masak ditemukan dalam keadaan selamat,” tutup Mustari.

Penulis : Kontributor Makassar, Hendra Cipto|Editor : David Oliver Purba, Aprillia Ika

https://regional.kompas.com/read/2019/12/16/15564141/ini-fakta-lengkap-penyelamatan-km-lady-nathalia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke