Salin Artikel

Tertimpa Granit 700 Kg, Seorang Pekerja Tewas

UNGARAN, KOMPAS.com - Seorang pekerja tewas tertimpa granit saat akan memindahkan lembaran batu tersebut. Selain korban tewas, kejadian ini juga menyebabkan seorang pekerja lain mengalami luka.

Kasubbag Humas Polres Semarang, Iptu Budi Supraptono mengatakan, kecelakaan kerja tersebut terjadi pada Rabu (6/11/2019) pukul 19.00 WIB.

Kejadian bermula saat korban Paulus Hendra Prananda alias Yoni warga Panjang Kidul, Kelurahan Panjang, Ambarawa, Kabupaten Semarang dan rekannya, Zaenal, akan memindahkan batu granit dari mobil Mitsubishi Colt Diesel H 1766 BL ke Mitsubishi Colt K 1984 AK.

"Proses pemindaham batu grani tersebut dilakukan di halaman rumah Edi Pramono di lingkungan Rengas, Kelurahan Tambakboyo, Ambarawa," kata Budi, Kamis (7/11/2019).

Batu granit tersebut rencananya akan dibawa dari Jakarta ke Bali. "Ukurannya 3x2 meter dengan berat per lembar 100 kilogram. Ketebalan masing-masing granit 2 sentimenter sebanyak 37 lembar," ujar dia.

Setelah pemindahan 9 lembar granit, para pekerja tersebut memindahkan barang-barang lain.

Pada saat akan memindahkan barang yang lain, tiba-tiba lembaran batu granit sebanyak 7 lembar miring dan menimpa Yoni yang berada di dalam mobil.

"Korban meninggal karena terjepit pada bagian leher. Sedangkan saksi Zaenal dan Saryanto dapat menghindar. Namun Zaenal mengalami luka pada tangan bagian kiri," papar dia.

Sementara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang, Heru Subroto mengungkapkan, evakuasi korban berlangsung lama karena beratnya granit yang menimpa korban.

"Evakuasi korban selesai pada pukul 22.50, selanjutnya dibawa ke rumah sakit," papar dia.


https://regional.kompas.com/read/2019/11/07/11084361/tertimpa-granit-700-kg-seorang-pekerja-tewas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke