Salin Artikel

Gubernur NTT: Presiden Jokowi Tidak Punya Kesalahan, Jangan Coba-coba Diturunkan

KUPANG, KOMPAS.com - Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat, secara tegas menyampaikan pesan khusus kepada siapapun yang mencoba mengganggu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Apabila ada niat dari kelompok-kelompok tertentu yang ingin menghancurkan dan menurunkan Presiden Jokowi sebagai pemimpin yang sah, maka dari NTT kami memberikan pesan, bahwa Presiden yang tidak mempunyai kesalahan apapun, bekerja secara luar biasa, jangan pernah ada yang coba-coba turunkan," kata Viktor.

Hal itu disampaikannya dalam sambutan di depan ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT, usai senam bersama di depan Gedung Sasando Kantor Gubernur, Jumat (27/9/2019).

Menurut Viktor, pihaknya mengirimkan pesan moral kepada seluruh anak bangsa yang ada di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) untuk tidak mengganggu apalagi menurunkan Presiden Joko Widodo.

"Kita semua hadir di tempat ini, kita ingin memberikan dukungan moral dan kita menolak setiap gerakan-gerakan yang berniat mempergunakan aksi demonstrasi adik-adik mahasiswa, untuk menungganginya dengan berbagai kepentingan," ujar dia.

Negara ini, lanjut Viktor, memberikan kebebasan kepada setiap warga bangsa untuk menyampaikan pendapat di muka umum.

Namun, apabila ada niat dari kelompok-kelompok tertentu yang ingin menghancurkan dan menurunkan Presiden sebagai pemimpin yang sah, maka dari NTT pihaknya akan siap berhadapan.

Menurut Viktor, segala masalah dan aspirasi-aspirasi yang ada mampu disalurkan lewat mekanisme hukum.

"Kalau masalah hukum, ya lewat jalur hukum. Semua tersedia di dalam bingkai NKRI, yang mengedepankan hukum sebagai tuan dan panglimanya. Karena itu, tidak boleh kita bergerak di luar konstitusi," kata Viktor.

Pihaknya bersyukur, karena di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo, mampu menyelesaikan masalah-masalah besar yang sebelumnya tidak terselesaikan.

"Kemanapun kita pergi ke seluruh pelosok nusantara ini, Bapak Presiden tentu sudah berada di sana. Itu menunjukkan komitmen dan konsistensi dari seorang pemimpin bangsa, bahwa bukan Jakarta menjadi pusat pemerintahan semata, sehingga berada di sana tetapi beliau turun ke bawah, berkunjung kemana-mana; melihat kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia," ucap Viktor.

https://regional.kompas.com/read/2019/09/27/20025701/gubernur-ntt-presiden-jokowi-tidak-punya-kesalahan-jangan-coba-coba

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke