Salin Artikel

Saat Jokowi Jajal Kiat Esemka 2012 dan Esemka Bima 2019...

KOMPAS.com - Dulu saat masih menjabat Wali Kota Surakarta, Jokowi sempat menyakini bahwa mobil Kiat Esemka rakitan anak-anak SMK dan teknisi di Solo akan menjadi kebanggaan Indonesia. 

Saat itu, sekitar tahun 2012, Jokowi bahkan rela mengganti mobil dinasnya dengan mobil Kiat Esemka tipe sport utility vehicle. 

Jokowi bahkan memerkan keunggulan mobil Esemka produk pertama itu kepada rekan-rekan wartawan. 

"(Silakan) naik sendiri, cek sendiri, interiornya, (body) samping, cat mulus, mesinnya halus. Apalagi? AC-nya dingin. Harganya murah, cuma Rp 90 juta," kata Jokowi saat itu.

Seiring berjalannya waktu, pada 2019 bulan September, Jokowi akhirnya meresmikan pabrik otomotif PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Boyolali, Jawa Tengah. 

Lagi, Jokowi pun menjajal mobil produk PT Esemka, yaitu pick up Esemka Bima 1.200 cc warna putih. Saat itu Jokowi didamping Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Setelah itu, Jokowi pun mengatakan, mobil Esemka akan laku keras dan mampu bersaing dengan mobil pabrikan lainnya.

"Feeling saya laku keras," katanya.

Seperti diketahui, mobil pick up Esemka Bima yang dijajal Jokowi dan Airlangga dibanderol dengan harga Rp 95 juta off the road. Harga tersebut, kata Jokowi, cukup kompetitif di pasaran otomotif saat ini.

"Ini (Esemka) adalah merek kita sendiri yang sudah dirintis kurang lebih 10 tahun yang lalu oleh para teknisi, oleh anak-anak SMK, ada inisiator-inisiator yang dulu saya kenal ada di sini semua," kata Jokowi, dalam peresmian di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).

Namun demikan, Jokowi mengakui bahwa produk pertama pasti memiliki kekurangan, tapi secara umum kualitas mobil pick up Esemka Bima sudah cukup baik.

"Kalau ada kurang-kurang dikit, ya namanya juga pertama. Tapi sudah sangat bagus untuk produksi pertama," ungkap dia.

Hal senada juga diungkapkan oleh Airlangga, yang ikut bersama Jokowi menjajal mobil tersebut. 

"Nyetirnya enak, Presiden nyaman," kata Airlangga.

Bukan mobnas, Ini mobil merek kita sendiri

Presiden Direktur PT Esemka, Eddy Wirajaya, mengatakan, pabrik Esemka adalah perusahaan swasta nasional yang 100 persen dimiliki oleh swasta. Bukan mobil nasional seperti yang dipahami selama ini.

"Lebih tepatnya merupakan mobil buatan Indonesia karya anak bangsa sendiri," ujar dia.

Eddy juga menjelaskan, sebagai pemain baru dalam dunia industri otomotif, PT Esemka akan mengikuti setiap aturan yang ditetapkan serta mengikuti semua peraturan yang berlaku di dalam industri.

"Kami berharap dengan diresmikannya fasilitas ini Esemka bisa merintis kemajuan industri otomotif buatan Indonesia," ungkap dia.

Dalam peresmian itu juga diluncurkan dua varian mobil Esemka yakni Bima 1.2 dan Bima 1.3. Kedua produk tersebut diberandol dengan harga sekitar Rp 110 juta.

Sumber: KOMPAS.com (Labib Zamani, Ihsanuddin)

https://regional.kompas.com/read/2019/09/06/15110071/saat-jokowi-jajal-kiat-esemka-2012-dan-esemka-bima-2019

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke