Salin Artikel

Mengintip Cara Belajar Si Genius Elysia, Mahasiswa Termuda Unpad Ber-IQ 140

Saat melakukan registrasi administrasi, Selasa (13/8/2019), Elysia baru menginjak usia 15 tahun 9 bulan. Ia bisa mendaftar ke perguruan tinggi dalam usia dini karena mengikuti program percepatan atau akselerasi SMP-SMA menjadi 4 tahun.

Elysia mengatakan, keberhasilannya selama ini karena lingkungannya yang sportif, baik teman-teman maupun keluarga. Hal itu memudahkannya dalam belajar.

“Belajar dibawa enjoy aja, yang penting lingkungannya suportif,” ujar Elysia saat dihubungi Kompas.com, Rabu (14/8/2019).

Lulusan SMPN Tangerang Selatan ini mengatakan, tidak ada jadwal khusus untuk belajar. Saat masih duduk di SMP dan SMA, ia mengoptimalkan pelajaran di sekolah.

Namun, sepulang sekolah ia mengikuti les atau bimbingan belajar. Saat SMA, misalnya, ia baru pulang sekitar pukul 15.00 dari sekolah.


Sepulang sekolah ia langsung ikut bimbel dan belajar di sana hingga pukul 20.00 WIB. Sesampainya di rumah, ia memilih untuk istirahat dan tidur.

“Bimbelnya tiga kali dalam seminggu. Aku enggak selalu belajar setiap saat, aku masih bisa main sama teman-teman atau keluarga,” tuturnya.

Bahkan, ia mengaku cepat bosan bila belajar terus-terusan. Ia lebih suka menganalisis, eksplorasi hal-hal baru, dan terjun ke lapangan.

Itulah mengapa ia memilih bidang kesehatan di Unpad. Sebab, kesehatan merupakan gabungan sosial dan saintifik.

Untuk meningkatkan rasa empatinya, ia pun ingin menjadi relawan di bidang kesehatan yang membantu orang-orang, misalnya di lokasi bencana.


Selain sekolah dan bimbel, Elysia aktif di sejumlah ekstrakurikuler, seperti bulu tangkis dan radio. Baginya ekskul tersebut memberikan pengaruh positif dalam kehidupan sosialnya.

“Semua kegiatan itu aku bawa enjoy aja. Bersyukur lingkunganku mendukung,” tutur perempuan ber-IQ 140 atau masuk kategori kecerdasan luar biasa itu.

Bagi para adik kelasnya, Elysia berpesan untuk memiliki mimpi dan mengejarnya sedini mungkin. Jangan ragu melangkah.

“Kalaupun gagal, jangan ubah goals-nya, tapi ubah strateginya,” ujarnya.

Elysia akan mulai masuk kuliah akhir Agustus 2019. Ia bertekad kuliah sebaik mungkin untuk membahagiakan kedua orangtuanya yang telah pensiun.

“Saya anak ketujuh dari sembilan bersaudara. Ayah sudah pensiun. Ibu, ibu rumah tangga,” ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2019/08/15/07000091/mengintip-cara-belajar-si-genius-elysia-mahasiswa-termuda-unpad-ber-iq-140

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke