Salin Artikel

Aliran Magma Gunung Karangetang Menuju Permukaan

"Terekamnya tremor menerus selama tiga hari berturut-turut yang mengindikasikan aliran magma menuju permukaan," katanya saat dikonfirmasi, Rabu (24/7/2019).

Hal itu juga yang menyebabkan rangkaian guguran lava terus keluar dari Gunung Karangetang beberapa hari terkahir.

Terkait hal itu, dari hasil rapat antara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sitaro dan TNI-Polri, telah didirikan dua posko.

Posko pertama di Kampung Kinali yang berlokasi di Kantor Kampung Kinali, Kecamatan Siau Barat Utara. Sedangkan posko kedua di Siau Timur yang berlokasi di Kantor Kecamatan Siau Timur,

Hasil rapat yang sebelumnya digelar pada Selasa (23/7/2019), Kepala Pelaksana BPBD Sitaro, Bob Wuaten mengatakan, mekanisme penanggulangan bencana menunggu informasi atau petunjuk dari Pos Pengamatan Gunung Karangetang di Salili.

Jika ada peningkatan status, BPBD menindaklanjuti dengan mengevakuasi serta tindakan lainnya yang di dukung dengan anggaran.

Waka Polsek Siau Barat, Iptu RG Putra menyampaikan, ada Bhabinkamtibmas yang akan bergabung dalam memonitor situasi di wilayah-wilayah terdampak guguran lava Gunung Karangetang.

Lalu, BPBD Sitaro akan selalu berkoordinasi dengan instansi terkait, mengupdate informasi perubahan status dan bersinergi dalam penanganan bencana apa bila terjadi peningkatan aktivitas Gunung Karangetang.

https://regional.kompas.com/read/2019/07/24/17091111/aliran-magma-gunung-karangetang-menuju-permukaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke