Salin Artikel

Cerita di Balik Setnov Dikembalikan ke Lapas Sukamiskin, Berperilaku Baik hingga Tidak Ada Perlakuan Khusus

KOMPAS.com - Setelah sebulan berada di Rutan Gunung Sindur, Bogor, Setya Novanto (Setnov) akhirnya kembali ke Lapas Sukamiskin, Minggu (14/7/2019) pukul 20.00 WIB.

Pemindahan terpidana kasus e-KTP tersebut karena beberapa alasan, salah satunya karena Setnov dinilai telah berkelakuan baik.

Perilaku baik Setnov dinilai dari assement yang dilakukan assessor Balai Pemasyarakatan (Bapas) Bogor.

Berikut fakta lengkap Setnov yang sudah dua hari di pindahkan dari Rutan Gunung Sindur ke Lapas Sukamiskin

Kepala Lapas Sukamiskin Tejo Herwanto mengatakan, Setelah sebulan menghuni rumah tahanan (Rutan) Gunung Sindur, Setnov kembali menghuni di lembaga pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin Bandung.

"Iya benar (kembali ke Lapas Sukamiskin)," katanya yang dihubungi Kompas.com, Selasa (16/7/2019).

Menurut Tejo, Setnov dipindahkan dari Rutan Gunung Sindur ke Lapas Sukamiskin pada hari Minggu, 14 Juli 2019, sekira pukul 20.00 WIB.

"Sudah dua hari di lapas Sukamiskin," kata Tejo.

Tejo Herwanto mengatakan, terpidana kasus korupsi e-KTP Setnov dipindahkan dari Rutan Gunung Sindur kembali ke Lapas Sukamiskin Bandung, karena beberapa alasan. Salah satunya karena Setnov dinilai telah berkelakuan baik.

Hal tersebut, kata Tejo, berdasarkan SK Kakanwil Jabar tentang pelaksanaan pemindahan napi untuk kepentingan pembinaan dengan pertimbangan telah memenuhi syarat administratif dan substantif.

"Dari surat keputusan tersebut ada beberapa pertimbangan. Pertama memenuhi syarat administratif dan substantif. Kedua, telah menunjukkan itikad baik dan menunjukan perubahan perilaku baik selama di rutan," ucapnya, Selasa.

Tejo menjelaskan, perilaku baik Setnov dinilai dari assesment yang dilakukan assesor Balai Pemasyarakatan (Bapas) Bogor.

Pertimbangan terakhir karena Setnov menyatakan kesanggupan untuk tidak melakukan kesalahannya lagi.

"Dulu kesalahan kan tidak ditempel pengawalan, ya. Besok-besok InsyaAllah sudah berubah yang bersangkutan," ujarnya.

Tejo Herwanto mengatakan, setelah dua hari kembali menghuni Lapas Sukamiskin, terpidana kasus e-KTP Setnov dinilai telah menunjukkan perilaku baik.

Setnov dikembalikan ke Lapas Sukamiskin pada Minggu, setelah sebulan menghuni Rutan Gunung Sindur.

"Selama dua hari di Lapas Sukamiskin, (Setnov) menunjukkan perilaku berubah. Kegiatan hanya shalat di masjid, masuk kamar begitu," ujar Tejo yang ditemui di Lapas Sukamiskin Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa.

Setelah dua hari kembali menghuni sel di Lapas Sukamiskin, Tejo mengatakan, pihaknya melakukan pengawasan terhadap mantan ketua DPR RI, hasilnya terdapat perubahan perilaku.

Namun, Novanto juga tak lupa untuk bersosialisasi dengan napi lainnya. Hanya saja, Novanto mengurangi untuk berkelompok.

"Ya biasa, cuma dia mengurangi berkelompok," ujar dia.

Tejo menegaskan, tidak ada perlakuan khusus terhadap napi di Lapas Sukamiskin.

"Enggak ada, semua sama, ada reward and punishment, yang melakukan kesalahan ya ditindak," tegas dia.

Sumber: KOMPAS.com (Agie Permadi)

https://regional.kompas.com/read/2019/07/17/06010081/cerita-di-balik-setnov-dikembalikan-ke-lapas-sukamiskin-berperilaku-baik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke