Salin Artikel

[POPULER NUSANTARA] Avanza Tabrak Bus Rosalia Indah di Semarang, 7 Tewas | Mandor Pabrik Korek Api Gas Ikut Tewas Terbakar

Mandor tersebut diduga yang menggembok pintu rumah sehingga para pekerja terjebak di dalam pabrik yang terbakar. Selain itu, polisi telah menetapkan sejumlah tersangka dalam kasus tersebut.

Lalu, berita tentang kecelakaan maut antara Avanza dan bus Rosalia Indah di jalan utama Boyolali-Salatiga di Desa Klero, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Minggu (22/6/2019) dini hari, juga menjadi sorotan. Tujuh orang tewas dalam kecelakaan tersebut.

Berikut ini berita populer nusantara secara lengkap:

Menurut Kanit Kecelakaan Satuan Lalu Lintas Polres Semarang Ipda Wardoyo, kecelakaan maut yang diduga akibat sopir Avanza mengantuk.

Kecelakaan maut tersebut bermula ketika Avanza yang dikemudikan Imam Sholahudin (44), warga Jakarta Selatan melaju dari arah Boyolali menuju Salatiga.

"Mobil tersebut oleng hingga melewati marka jalan dan melaju di arah yang berlawanan," kata Wardoyo seperti dikutip dari Antara, Minggu. Sementara itu, dari arah berlawanan melaju bus Rosalia Indah.

Mandor tersebut diduga menggembok pintu pabrik sehingga puluhan pekerja pabriik terjebak saat terjadi kebakaran.

Kombes Pol Tatan Dirsan Atmadja, menjelaskan, fakta tersebut terungkap setelah hasil pemeriksaan lima orang saksi. Saat kejadian, pekerja sedang memasang kepala macis dan diduga bocor.

"Saat dilakukan penggesekan kepala macis, diduga ada yang bocor lalu dilepas sehingga menyambar ke macis lain," tuturnya.

Hal itu dilihat dari suhu terendah saat musim kemarau. Aminudin mengatakan, Stasiun Klimatologi Karangploso pernah mencatat suhu terendah 14 derajat celsius sekitar 20 tahun lalu.

"Beberapa hari lalu 15,6 derajat celsius tercatat di Karangploso. Bahkan pernah di Karangploso tercatat sekitar 14 derajat celsius," katanya saat dihubungi, Sabtu (22/6/2019).

Luki menuturkan, ide awal dirinya menanam jagung varian ini karena senang mengoleksi plasma nutfah dari berbagai tanaman, salah satunya plasma nutfah dari jagung.

Selain itu, jagung yang dikenal dengan istilah glass gem corn rainbow itu ternyata memiliki kandungan gizi yang tinggi dan sangat baik bagi kesehatan dibandingkan jagung biasa.

"Karena beberapa referensi menjelaskan kandungan warna yang ada pada jagung ini sangat baik untuk kesehatan, misal jagung yang berwarna hitam ternyata sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes,”jelas Luki saat ditemui Kompas.com di kebunnya, Sabtu (22/6/2019) petang.

Menurut dia, daya tampung SMA negeri di Jawa Timur, khususnya di Surabaya sangat terbatas.

"Saya mohon maaf kepada wali murid yang tidak bisa memasukkan putra putrinya ke sekolah SMA negeri, karena kapasitasnya sangat terbatas," kata Khofifah di Surabaya, Sabtu (22/6/2019) sore.

Menurut Khofifah, SMA negeri di Jawa Timur kapasitasnya hanya bisa menampung 35 persen lulusan SMP.

"Sisanya bisa ke SMK negeri dan swasta, SMA swasta, atau ke aliyah negeri atau aliyah swasta," ucap dia.

Sumber: KOMPAS.com (Achmad Faizal, Firman Taufiqurrahman, Andi Hartik, Dewantoro, Kurnia Sari Aziza)/Antara

https://regional.kompas.com/read/2019/06/24/07182721/populer-nusantara-avanza-tabrak-bus-rosalia-indah-di-semarang-7-tewas-mandor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke