Salin Artikel

Hari Keempat Pencarian, Legenda Persis Solo Ferry Anto Masih Belum Ditemukan

Pada hari keempat, tim SAR gabungan melakukan pencarian dengan menyisir sepanjang Pantai Baru.

Selain itu, tim juga melakukan pencarian menggunakan drone. Namun, hingga Minggu petang, pencarian belum membuahkan hasil. 

Kepala Humas Basarnas Yogyakarta Pipit Eriyanto mengatakan, beredar informasi di masyarakat bahwa jasad Feryanto sudah ditemukan pada Sabtu kemarin. 

"Korban yang ditemukan pada Sabtu pukul 08.20 adalah Fajrina Dwi Saputri (7) yang merupakan anak Ferry Anto. Jadi kami harap masyarakat tidak memberikan penyataan yang belum tentu kebenarannya dan menjadi hoaks," kata Pipit seperti dikutip dari Antara, Minggu. 

Oleh karena itu, dia mengimbau kepada masyarakat untuk mengonfirmasi kebenaran kabar yang beredar kepada pihak-pihak terkait, seperti kepolisian setempat dan Basarnas Yogyakarta.

Ia mengatakan, Basarnas dan tim SAR gabungan akan terus melakukan pencarian sampai tujuh hari sesuai SOP (standar operasional prosedur) Basarnas yang sudah diatur dalam UU Nomor 29 Tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan (SAR).

"Operasi yang dilaksanakan Basarnas adalah tujuh hari pencarian, apabila setelah tujuh hari pencarian korban tidak ditemukan maka Basarnas akan kordinasi dengan semua pihak termasuk dengan keluarga korban untuk menutup operasi SAR," ujarnya. 

Apabila keluarga korban minta tambahan hari pencarian, maka Basarnas akan menambah tiga hari pencarian.

Namun, jika korban kembali tidak ditemukan, Basarnas akan berkoordinasi dengan semua pihak untuk menutup operasi SAR.

"Dalam operasi SAR dilaksanakan sesuai UU pencarian dan pertolongan, operasi SAR yang sudah ditutup bisa dibuka apabila ada permintaan keluarga korban atau pemerintah daerah dengan pertimbangan masih ada tanda-tanda korban ditemukan," kata Pipit.

https://regional.kompas.com/read/2019/06/23/23262841/hari-keempat-pencarian-legenda-persis-solo-ferry-anto-masih-belum-ditemukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke