Salin Artikel

Fakta Unggahan di Akun IG @shanghai.explore Bukan di Shanghai

Ini fakta-fakta yang menunjukkan jika foto tersebut merupakan gapura masuk Kampung Ketandan di kawasan Malioboro, Yogyakarta dan bukan di Shanghai, China.

1. Di bagian gapura terdapat tulisan Kampoeng Ketandan

Di foto yang diunggah akun Instagram @shanghai.explore terlihat sebuah gapura kayu. Tiang gapura tersebut berwarna merah dan bagian atap gapura berwarna hijau.

Terdapat ornamen naga melilit di kedua tiang kanan dan kiri gapura.

Terdapat pula papan berwarna coklat di bagian atas gapura. Terlihat jelas dari depan tulisan di papan tersebut "Kampoeng Ketandan".

Ketandan sendiri merupakan salah satu kampung di Yogyakarta. Lokasinya berada di kawasan Malioboro atau sebelah utara Pasar Beringharjo.

Kampung Ketandan menjadi salah satu Pecinan di Yogyakarta. Mereka mayoritas membuka usaha jual beli perhiasan emas.


2. Terdapat toko Ramayana di sebelah selatan gapura Kampoeng Ketandan

Akun Instagram @shanghai.explore mengunggah sebuah foto yang ditulis berada di Shanghai, Cina. Sementara, lokasi foto tersebut berada di Yogyakarta, tepatnya Kampung Ketandan.

Jika dilihat dengan cermat, dalam frame foto yang diunggah oleh akun instragam @shanghai.explore terdapat sebuah toko. Di sisi dinding bagian atas toko tersebut, terlihat tulisan "Diskon Lebaran hingga 80 %".

Toko yang ada di foto tersebut adalah Ramayana yang berada di kawasan Malioboro Yogyakarta.

Toko Ramayana ini memang tepat berada di sisi Selatan Gapura Kampung Ketandan, Yogyakarta sehingga masuk dalam frame foto yang diunggah oleh akun instragam @shanghai.explore.


3. Terpampang spanduk berbahasa Indonesia "parkir mobil dan motor"

Unggahan akun Instagram @shanghai.explore mengunggah sebuah foto gapura yang ditulis berada di Shianghai, China. Di foto yang diunggah terpampang sebuah spanduk yang bukan berbahasa China tetapi bahasa Indonesia.

Spanduk tersebut bertuliskan "parkir mobil dan motor". Tulisan tersebut terlihat jelas karena menggunakan huruf kapital.

Sampai dengan saat ini, spanduk dengan huruf kapital berwarna putih tersebut masih ada di sisi Selatan Gapura Kampung Ketandan, Yogyakarta. Spanduk tersebut merupakan penunjuk arah parkir pengunjung Ramayana.


4. Adanya becak khas Yogyakarta

Di postingan akun Instagram @shanghai.explore yang menyebut gapura Ketandan berada di Shianghai, Cina terlihat alat transportasi becak. Posisi becak tersebut berada di depan gapura.

Meski di China juga terdapat alat transportasi becak, namun berbeda dengan yang ada di Yogyakarta. Di China, becak ditarik dari depan. Kalaupun dikayuh, posisinya berada di depan penumpang.

Sedangkan becak di Yogyakarta, posisi tukang becak mengayuh dari belakang. Sementara kursi penumpang berada di depan.

Persis dengan di foto yang diunggah di akun Instagram @shanghai.explore, saat Kompas.com mengecek ke lokasi, di depan gapura Kampung Ketandan memang terdapat beberapa becak yang sedang menunggu penumpang.


5. Gapura Kampung Ketandan di Shanghai dibantah Dinas Pariwisata DIY

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo menyampaikan setelah melihat foto yang diunggah di akun Instragram @shanghai.explore. Ia menegaskan jika foto tersebut bukan di Shanghai, China.

"Saya lihat foto itu, memang pintu gerbang Kampung Ketandan di Yogyakarta. Jelas itu ada tulisannya, ada diskon dan ada Ramayana," ujar Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo saat dihubungi, Kamis (13/6/2019).

Singgih melihat, apa yang ditawarkan oleh akun Instagram @shanghai.explore dengan foto yang diunggah tidak sinkron. Akun tersebut menawarkan perjalanan wisata di Shanghai, China tetapi foto yang diunggah lokasinya di Yogyakarta.

https://regional.kompas.com/read/2019/06/15/23125831/fakta-unggahan-di-akun-ig-shanghaiexplore-bukan-di-shanghai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke