Salin Artikel

Fakta Kampanye Jokowi di Kalimantan, Rampungkan Proyek Tol Warisan SBY hingga Targetkan 60 Persen Suara

KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) mengatakan akan menyelesaikan proyek Tol Balikpapan- Samarinda saat pidato kampanye terbuka di Gedung Dome, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (28/3/2019)

Seperti diketahui, proyek tersebut yang mangkrak setelah diresmikan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

Jokowi juga berjanji akan membangun jalur kereta api yang menghubungkan Batulin dan Banjarbaru di Kalimantan Selatan. 

Berikut ini fakta lengkap kampanye Jokowi di wilayah Kalimantan Timur dan Selatan: 

Jokowi berjanji segera mewujudkan kereta api trans Kalimantan dan jalan baru yang menghubungkan Batulin dan Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

"Saya tadi dapatkan informasi mengenai keinginan-keinginan masyarakat di sini, bahwa warga Banjarmasin dan Kalimantan Selatan ingin adanya kereta api trans Kalimantan, benar?" ujarnya disambut gemuruh pendukungnya di stadion 17 Mei Banjarmasin, Rabu (27/3/2019), dikutip dari Antara.

"Yang kedua pingin adanya jalan baru antara Banjarbaru dan Batulicin, benar?" tambah capres yang berpasangan dengan Ma'ruf Amin tersebut. Pertanyaan itu kembali disambut gemuruh pendukungnya.

"Secepatnya kita akan lakukan cek lapangan, dan segera kalau memungkinkan akan segera kita kerjakan, Insya Allah," ucapnya.

Joko Widodo menargetkan bisa meraup suara 60 hingga 65 persen di Kalimantan Selatan pada Pilpres 2019.

"Target di Kalimantan Selatan, kalau di 2014 kita di sini dapat 49 persen, tahun ini Insya Allah antara 60-65 persen," kata Jokowi usai blusukan di Pasar Modern Duta Mall Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu malam, seperti dikutip dari Antara.

Menurut Jokowi, target tersebut realistis karena calon wakil presidennya adalah Ma'ruf Amin, seorang kiai.

"Di sini adalah provinsi yang sangat religius, tentu saja Ini kombinasi ulama dan umaro lebih bisa diterima," katanya.

Pada Rabu malam, Jokowi menyapa masyarakat Ibu Kota Kalimantan Selatan ini dengan mendatangi Duta Mall.

Kedatangan orang nomor satu di Indonesia ini langsung disambut masyarakat yang berkunjung di mal tersebut.

Para pengunjung berebut foto bersama dengan Jokowi sejak keluar Hotel Mercure tempatnya menginap di Banjarmasin.

Seperti diketahui, Jokowi di Banjarmasin menghadiri kampanye akbar di Stadion 17 Mei Banjarmasin, ngobrol santai dengan milenial di Thaher Square dan acara internal di Hotel Mercure.

Usai acara internal ini, Jokowi menyapa pengunjung mal yang sudah menunggu dari sore setelah mengetahui mantan Wali Kota Solo ini menginap di hotel yang bersebelahan dengan pasar modern ini.

Saat bertemu para pendukungnya di Kalimantan Timur, Joko Widodo menyoroti proyek tol Balikpapan- Samarinda saat pidato di kampanye terbuka di Gedung Dome, Kota Balikpapan.

"Jalan Tol Samarinda-Balikpapan memang belum selesai. Saya tahu, saya ikuti itu. Tinggal 20 persen saja," ujar dia, Kamis (28/3/2019).

Ia pun memastikan, proyek tol yang pada awalnya diresmikan pembangunannya oleh Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono tersebut akan rampung akhir 2019.

"Akan kita selesaikan akhir-akhir tahun ini. Insya Allah Balikpapan-Samarinda yang jaraknya 99 kilometer dan biasanya itu ditempuh tiga jam, akan ditempuh ya maksimal satu jam," ujar Jokowi.

Ia juga mengatakan bahwa pemerintah belum selesai sampai di jalur tol itu saja. Pemerintah berencana akan meneruskan pembangunan tol itu sampai ke Bontang.

https://regional.kompas.com/read/2019/03/29/08443551/fakta-kampanye-jokowi-di-kalimantan-rampungkan-proyek-tol-warisan-sby-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke