Salin Artikel

Fakta Brimob Diserang KKB di Nduga, Satu Gugur Dua Luka Tembak hingga Amankan Logistik di Bandara

KOMPAS.com - Sebanyak dua anggota Brimob terluka dan satu orang gugur setelah terlibat baku tembak di Nduga, Papua pada Rabu (20/3/2019).

Semua korban telah berhasil dievakuasi dari lokasi baku tembak. Dua anggota sedang menjalani perawatan intensif di rumah sakit setempat.

Polri menjelaskan, dua anggota Brimob yang terluka adalah Ipda Arif Rahman dan Bharada Ravi Fitrah Kurniawan. Sementara korban meninggal dunia adalah Bharada Aldy.

Berikut ini fakta lengkapnya:

Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin Siregar membenarkan adanya kontak senjata yang terjadi di Distrik Mugi, Kabupaten Nduga.

“Ya benar, kontak senjata itu mengakibatkan satu anggota kami gugur,” ungkapnya singkat saat dihubungi Kompas.com.

Namun, Martuani belum menjelaskan terkait kronologi penembakan tersebut. Kompas.com masih berupaya mengkonfirmasi ke sejumlah pihak terkait baku tembak itu.

Baku tembak juga sempat terjadi antara anggota TNI dan KKB di Nduga pada awal Maret. Kejadian itu mengakibatkan tiga anggota TNI gugur.

Jenazah anggota Brimob Bharada Aldy, yang gugur dalam kontak senjata dengan kelompok kriminal bersenjata ( KKB) di Distrik Mugi, Kabupaten Nduga, Papua, telah dievakuasi ke Timika, Rabu (20/3/2019).

Jenazah Bharada Aldy dievakuasi bersama dua korban terluka yakni Ipda Arif Rahman dan Bharada Ravi Fitrah Kurniawan menggunakan helikopter milik Polri ke Timika.

Kedua korban terluka kemudian menjalani operasi di RSUD Mimika. Sementara jenazah Aldy langsung dibawa ke kamar jenazah.

"Untuk jenazah sudah dilakukan visum dan korban terluka menjalani operasi," kata juru bicara RSUD Mimika Lucky Mahakena, kepada wartawan, Rabu

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Muhammad Iqbal mengatakan, saat ini anggotanya yang terluka akibat baku tembak di Papua tengah menjalani perawatan di rumah sakit.

"Kami membenarkan bahwa petugas kami anggota Operasi Nemangkawi di Papua diserang diduga oleh KKB. Satu meninggal dunia, dua luka. Saat ini sudah dievakuasi yang luka di RS setempat," kata Iqbal saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Jakarta, Rabu (20/3/2019).

Saat ini Polri tengah mengubungi keluarga kedua anggota Polri yang selamat.

"Sedang kami hubungi keluarganya dan tentunya ada pelayanan-pelayanan maksimal kepada korban," lanjut Iqbal.

Dilansir dari Tribunnews, peristiwa baku tembak terjadi saat aparat Brimob mengamankan logistik yang ada di Bandara Mugi, Distrik Mugi, Kabupaten Nduga.

Baku tembak terjadi Rabu (20/3/2019), sekitar pukul 07.30 WIB. Tim Belukar dari Brimob terlibat baku tembak dengan KKB. Tiga anggota tim Belukar terkena tembakan dan satu diantaranya gugur.

Namun pihak kepolisian masih belum menjelaskan kronologi baku tembak tersebut.

Sumber: KOMPAS.com (Rakhmat Nur Hakim, Irsul Panca Aditra)/ Tribunnews (Vincentius Jyestha Candraditya)

https://regional.kompas.com/read/2019/03/21/10474891/fakta-brimob-diserang-kkb-di-nduga-satu-gugur-dua-luka-tembak-hingga-amankan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke