Salin Artikel

Fakta Prabowo Disambut Pendukung Jokowi di Surabaya, Acungkan Dua Jari hingga Massa Hendak Dibubarkan

KOMPAS.com — Saat rombongan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto melintas di Jalan Bulak Rukem Timur II Surabaya, Jawa Timur, massa pendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin tampak berjejer di pinggir jalan dan meneriakkan nama Jokowi.

Sementara itu, para pendukung Prabowo Subianto yang ada di sekitar lokasi juga tak mau kalah meneriakkan nama Prabowo.

Sejumlah anggota kepolisian tampak berjaga-jaga untuk mencegah adanya bentrokan antara dua pendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden itu.

Berikut ini fakta lengkap kunjungan Prabowo di Surabaya pada Selasa (19/2/2019):

Suasana ramai tampak di Jalan KH Tambak Deres, Surabaya, Selasa (19/2/2019), ketika rombongan Prabowo Subianto melintas.

Tampak massa pendukung Jokowi berjejer di jalan dan menyambut kedatangan Prabowo. Dari pantauan Kompas.com di lokasi, massa meneriakkan yel-yel dan jingle kampanye dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf.

Massa juga membentangkan spanduk yang berisi dukungan kepada pasangan itu. Jessica, warga Kelurahan Bulak, Kecamatan Bulak, Surabaya, mengatakan hal itu dilakukan untuk menunjukkan bahwa warga daerah tersebut adalah pendukung Jokowi.

"Kami hanya ingin menunjukkan bahwa daerah kami di sini adalah daerah pendukung Jokowi. Itu saja. Kami tidak ada rencana menghadang," ujarnya.

Massa pendukung Jokowi juga tampak di pertigaan Jalan Bulak Rukem Timur II, Surabaya. Mereka terus menyanyikan yel-yel tepat saat mobil Toyota Alphard yang ditumpangi Prabowo melintas.

Teriakan "Jokowi" terus menggema saat rombongan Prabowo melintas dan kadang terdengar teriakan pendukung Prabowo.

Sementara itu, Prabowo sempat membuka kaca jendela mobil dan tersenyum kepada para pendukung Jokowi. 

Saat itu Prabowo direncanakan menghadiri acara Silaturahim Ahlith Thoriqoh Syathoriyah Annahdliyah di Majelis Taklim Kyai Tambak Deres, Surabaya.

Saat mendengar massa pendukung Jokowi menyanyikan yel-yel dukungan ke Jokowi, Prabowo hanya tersenyum dan mengacungkan dua jari.

Tak hanya yel-yel, di sekitar lokasi, beberapa pendukung Jokowi juga membentangkan spanduk bertuliskan "Selamat datang Bapak Prabowo di wilayah Bulak-Kenjeran. Kami menyambutmu sebagai tamu, tapi pilihan kami tetap nomor 1, Jokowi-Ma'ruf Amin".

Saat itu rombongan Prabowo sedang melintas di Jalan Bulak-Kenjeran.

Terjadi insiden adu mulut dan saling dorong sebelum rombongan Prabowo melintas. Seorang politisi Partai Gerindra, Surabaya, sempat mencoba membubarkan massa pendukung Jokowi di pinggir jalan.

Namun, aksi tersebut mendapat tentangan dari pendukung Jokowi. Menurut salah satu pendukung Jokowi, mereka hanya ingin menyambut dan tidak menghadang Prabowo.

Seperti diketahui, Prabowo berkunjung ke Surabaya untuk menghadiri acara Silaturahim Ahlith Thoriqoh Syathoriyah Annahdliyah di Majelis Taklim Kyai Tambak Deres, Surabaya.

Sumber: KOMPAS.com (Achmad Faizal)

https://regional.kompas.com/read/2019/02/20/13561581/fakta-prabowo-disambut-pendukung-jokowi-di-surabaya-acungkan-dua-jari-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke