Salin Artikel

Cuaca Ekstrem, Pelayaran Feri Rute Ternate-Bitung Ditunda

Sistem ini diberlakukan sehubungan dengan cuaca yang tidak bersahabat beberapa hari terakhir di perairan wilayah Maluku Utara.

“Untuk buka tutup kami berlakukan pada speed boat yang ada di dermaga Kelurahan Mangga Dua dan Pelabuhan Dufa-dufa, Kota Ternate. Sedangkan penundaan kami berlakukan pada feri rute Ternate-Bitung (Sulawesi Utara), serta Ternate-Batang Dua,” kata Kepala KSOP Ternate melalui Kasi Keselamatan Pelayaran, Patroli dan Penjagaan, Slamet Isyadi, Rabu (30/01/2019).

Kepada seluruh kapal itu, kata Slamet, tidak akan diberikan surat izin berlayarnya hingga kondisi cuaca yang membaik.

“Belum tahu sampai kapan, tapi yang jelas kami akan terus melakukan koordinasi dengan BMKG terkait dengan cuaca,” kata Slamet.

Sedangkan rute kapal lainnya yang tidak termasuk dalam sistem ini akan terus dilakukan pemantauan dengan terus koordinasi dengan BMKG.

Sementara, General Manajer ASDP Cabang Ternate Umar Imran Batubara menjelaskan, penundaan pemberangkatan feri rute Ternate-Bitung serta Ternate-Batang Dua sudah dilakukan sejak 28 Januari 2019.

“Ternate-Bitung kami off  kan pelayarannya sejak 28 Januari, begitu juga yang ke Batang Dua kami juga sementara off  kan, jadi ada dua lintasan jarak jauh, dimana jalur pelayarannya dengan cuaca agak ekstrem,” kata Umar.

“Untuk feri rute Ternate-Bitung ada dua yaitu KMP Portlink VIII dan KMP Gurango dan saat ini keduanya lagi di Bitung, sedangkan yang rute Ternate-Batang Dua, KMP Bobara saat ini untuk sementara melayani Ternate-Sofifi,” kata Umar lagi. 

https://regional.kompas.com/read/2019/01/30/20080871/cuaca-ekstrem-pelayaran-feri-rute-ternate-bitung-ditunda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke