Salin Artikel

BERITA POPULER NUSANTARA: Kakek 70 Tahun Nikahi Gadis 28 Tahun hingga Hoaks Demo Karyawan China

KOMPAS.com - Berita pernikahan Daeng Pato (70) dengan gadis pujaannya Hasnawati (28), menjadi berita paling banyak dibaca di Kompas.com, Jumat (26/1/2019).

Pernikahan yang terjadi pada 18 Januari 2019 tersebut menjadi viral karena selisih usia yang berbeda jauh hingga kisah cinta kedua pasangan tersebut. 

Kemudian, disusul berita tentang beredarnya tabloid Indonesia Barokah di sejumlah daerah. Dua tokoh, Dedi Mulyadi dan Muhammad Zainul Majdi alias TGB, turut angkat bicara.

Keduanya sepakat menyebut, apa pun tulisan di tabloid tersebut tidak mempengaruhi loyalitas kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin. 

Berikut ini berita populer nusantara secara lengkap:

Pernikahan unik antara Daeng Pato (70) dan Hasnawati (28) di Dusun Tridaya, Desa Pontanakayyang, Kecamatan Budong – Budong, Kabupaten Mamuju Tengah, menjadi viral di media sosial.

Selain masalah selisih usia yang cukup jauh, warganet juga penasaran dengan kisah asmara Daeng Pato dan Hasnawati tersebut.

Keduanya diketahui hanya berpacaran selama 10 hari sebelum memutuskan naik ke pelaminan.

Selain itu, sang kakek juga melamar Hasnawati tanpa sepengetahuan keluarganya. Fakta unik tersebut menarik perhatian pembaca. 

Fakta di balik beredarnya tabloid Indonesia Barokah menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, ternyata menjadi sorotan masyarakat.

Sikap Badan Pengawas Pemiliu (Bawaslu) dan Dewan Pers untuk mengatasi masalah tersebut juga menjadi sorotan.

Sementara itu, kedua kubu calon presiden dan wakil presiden memiliki pendapat berbeda.

Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno mengatakan, Tabloid Indonesia Barokah adalah bagian dari kampanye hitam Pemilu 2019.

Sementara itu, pasangan Jokowi-Ma'ruf menjelaskan, tabloid tersebut tidak berisi konten hoaks.

Ketua Tim Kampanye Jokowi-Ma’ruf Daerah Jawa Barat Dedi Mulyadi angkat bicara terkait terbitnya tabloid Indonesia Barokah di wilayah Jawa Barat yang diduga melakukan pelanggaran penyebaran hoaks di tengah-tengah masa kampanye Pilpres 2019.

Dedi mengimbau kepada masyarakat, khususnya pendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf agar tidak mempedulikan isi tabloid Indonesia Barokah.

Sementara itu, Tuan Guru Bajang alias TGB berharap Bawaslu segera dapat bertindak cepat untuk menjelaskan duduk perkara serta langkah ke depan terkait tabloid yang dianggap hoaks tersebut.

“Silakan, itu ranahnya Bawaslu. Semua lembaga yang diberi kewenangan agar bisa bekerja sesuai kewenangan,” kata TGB.

Verifikasi Kompas.com tentang beredarnya kabar aksi demonstrasi yang dilakukan para karyawan PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) pada Kamis (24/1/2019), menjelaskan duduk perkara peristiwa tersebut.

Humas PT IMIP Dedi Kuniawan mengungkapkan bahwa video aksi protes karyawan PT IMIP yang diunggah di Twitter dan YouTube terjadi disinformasi.

Dia menyebut bahwa video itu memang kejadian di PT IMIP. Namun, caption yang dituliskan dalam unggahan itu tidak benar.

Dedi pun secara rinci apa yang sebenarnya terjadi dengan mengklarifikasi setiap informasi yang beredar melalui kanal Youtube dan Twitter.

Penjelasan Dedi adalah aksi demonstasi tersebut adalah karyawan Indonesia, bukan karyawan dari negara China. Hingga saat ini, aksi demonstrasi telah selesai dan situasi telah aman.

"Mereka aksi sejak kemarin dan hari ini situasi sudah aman, karyawan sudah bekerja seperti biasa," kata Dedi.

Video viral mesum pelajar SMA yang ramai beredar di kalangan pelajar dibuat para pemainnya saat masih duduk dibangku SMP. Video itu menjadi viral setelah diunggah dua bulan terakhir.

"Saat diperiksa kedua pemeran video mesum itu mengaku adegan hubungan intim yang direkam dalam bentuk video dilakukaan saat masih duduk di bangku SMP," ujar Kasat Reskrim Polres Madiun, AKP Logos Bintoro, Jumat (25/1/2019) siang.

Saat ini, kedua pelaku video mesum telah bersekolah di tingta SMA. Menurut Logos, video itu baru viral kembali dua bulan terakhir setelah keduanya tidak menjadi sepasang kekasih.

Sumber: KOMPAS.com (Retia Kartika Dewi, Putra Prima Perdana, Muhlis Al Alawi, Michael Hangga Wismabrata, Junaedi)

https://regional.kompas.com/read/2019/01/26/06485601/berita-populer-nusantara-kakek-70-tahun-nikahi-gadis-28-tahun-hingga-hoaks

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke