Salin Artikel

Masukan Masyarakat Buat KPU Sepakat Tak Berikan Kisi-kisi di Debat Selanjutnya

GRESIK, KOMPAS.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah memastikan, bakal tidak lagi memberikan kisi-kisi dalam debat Calon Presiden (Capres)-Calon Wakil Presiden (Cawapres) pada agenda berikutnya.

Langkah KPU memastikan untuk meniadakan kisi-kisi pada agenda debat berikutnya, secara resmi baru akan dilaksanakan melalui mekanisme rapat pada Senin (21/1/2019).

Namun, secara internal, seluruh komisioner yang ada di KPU menyepakati bila kisi-kisi cukup diberikan pada agenda pertama, Kamis (17/1/2019) lalu.

“Sejak selesai debat pertama, kami sudah membahas, tapi KPU baru akan memutuskannya Senin besok dalam rapat. Tapi kita sudah membahas, dan kami pastikan tidak akan berikan kisi-kisi. Itu sudah kami bahas bersama semua komisioner,” ujar Ketua KPU Arief Budiman, di sela kunjungannya ke Gresik melihat cetak perdana surat suara Pemilu 2019, Minggu (20/1/2019).

Arief menegaskan, jika kesepakatan tersebut masih sebatas internal komisioner KPU dan belum melibatkan pihak luar. Termasuk, tim pemenangan dari masing-masing kubu capres dan cawapres yang ambil bagian dalam pemilu kali ini.

“Kami sudah rapat sendiri. Nah Senin besok, kami kan membuat jadwal evaluasi bersama tim kampanye, bersama televisi-televisi media yang menyiarkan, besok kami ambil putusan secara resminya. Tapi kalau diantara kami sih, kami sudah pastikan tidak akan memberikan kisi-kisi,” ucap dia.

Ia juga menjelaskan, serangkaian alasan yang disepakati oleh pihaknya dalam meniadakan kisi-kisi pada agenda debat selanjutnya. Salah satunya, masukan dari masyarakat usai melihat debat pertama dilaksanakan.

“Catatan, masukan masyarakat, saya pikir itu jadi masukan kami. Kemarin kan meskipun sudah diberikan kisi-kisinya, mereka (capres-cawapres) tidak mampu menjawab secara mendalam, publik menilai begitu,” kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2019/01/20/20525901/masukan-masyarakat-buat-kpu-sepakat-tak-berikan-kisi-kisi-di-debat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke