Salin Artikel

Jalan Putus, 10 Nagari Terisolasi

PADANG, KOMPAS.com-Sepuluh nagari di Kabupaten Sijunjung Sumatera Barat terisolasi akibat jalan putus sepanjang 75 meter.

Jalan di kawasan Nagari Kumanis ini terban saat hujan lebat mengguyur Kabupaten Sijunjung sejak Sabtu hingga Senin (5/11/2018). Akibat curah hujan yang tinggi, lahan pemukiman penduduk juga retak dan terbelah.

Kepala BPBD Kabupaten Sijunjung Hardiwan mengatakan, hingga Selasa (6/11) jalan masih belum bisa dilalui.

Arus lalu lintas dari Nagari Sumpur Kudus ke Kumanis pun putus total, sehingga kendaraan harus lewat Lintau dari Tanjung Bonai. Salah satu cara memperbaiki jalan tersebut adalah dengan membangun jalan baru.

“Jalan yang terban itu tidak bisa diperbaiki lagi, karena sebagian masuk ke dalam tanah dan hanyut terbawa arus. Solusi untuk saat ini adalah membangun jalan baru. Saat ini kami sedang bernegosiasi dengan masyarakat untuk pembebasan lahan,” ucapnya ketika dihubungi, Selasa (6/11).

Sepuluh nagari yang terisolasi adalah Tanjung Bonai, Tanjung Aua, Tannjung Labuah, Sumpur Kudus, Sumpur Kudus Selatan, Lantai, Sisawa, Unggan, Unggan Bukik, dan Tampu Rungo.

Akibat kondisi ini, Pemerintah Kabupaten Sijunjung menetapkan masa tanggap darurat bencana banjir dan longsor hingga 18 November 2018.

https://regional.kompas.com/read/2018/11/06/23061001/jalan-putus-10-nagari-terisolasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke