Salin Artikel

5 BERITA POPULER NUSANTARA: Kisah Haru Keluarga Korban hingga Polisi Terjaring Operasi Zebra

KOMPAS.com - Kisah tentang keluarga para korban kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 masih menjadi fokus utama pembaca Kompas.com di hari kemarin Jumat (2/11/2018).

Lalu berita tentang operasi Zebra Semeru di Situbondo. Kasatlantas turun langsung dan melakukan penilangan bagi olisi yang tidak lengkap membawa surat-surat kendaraan.

Selain itu, berita tentang Sandiaga Uno yang membeli tempe dengan uang Rp 100.000 dan meminta pedagang menyimpan kembaliannya juga mendapat perhatian pembaca.

Berikut ini secara lengkap 5 berita populer Nusantara.

Para anggota keluarga korban masih terus berdoa dan berharap yang terbaik bagi sanak saudara mereka yang menjadi korban kecelakaan pesawat di perairan Karawang, Senin (29/10/2018).

Salah satunya kisah tentang Khotijah yang baru pertama kali naik pesawat. Saat itu, ibu muda asal Tegal diajak atasannya untuk pergi ke Bangka Belitung dengan menggunakan pesawat Lion Air JT 610.

Deretan fakta tentang kenangan para korban dengan anggota keluarga mereka, menyentuh nurani.

SNH (6), siswi kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum di Desa Parumpanai Kecamatan Wasuponda, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, meninggal dunia dalam kondisi tak wajar.

SNH dibunuh di kebun sawit dan diduga pelaku melakukan tindakan pencabulan. Peristiwa tersebut membuat duka mendalam keluarga dan para guru di MI Darul Ulum.

Pasalnya siswi tersebut dikenal imut-imut, cerdas, baik dan lucu. Bahkan, SNH dikenal sebagai boneka Barbie.

Ketua Yayasan MI Darul Ulum Ismail mengatakan, sejak sekolah di TK hingga SD Yayasan Darul Ulum, SNH dijuluki guru-gurunya boneka Barbie karena terlihat imut-imut.

“Dia dijuluki boneka Barbie di mata guru dan temannya," kata Ismail, Jumat(02/11/2018).

Sebelumnya, SNH dijanjikan diantar pulang sekolah oleh pengemudi kendaraan bermotor berinisial JN (25).

Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Sandiaga Uno mengunjungi pasar tradisional Inpres Manonda, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (2/11/2018) pagi.

Sandiaga mengunjungi dengan sejumlah pedagang dan bertanya kepada mereka tentang kondisi mereka pasca-bencana gempa bumi dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah.

Mantan Wagub DKI itu menyempatkan diri membeli dua potong tempe seharga Rp 12.000 dan Rp 1.000 yang dibayar dengan uang Rp 100.000.

"Alhamdulillah," seru sang penjual ketika Sandiaga tidak mau menerima sisa kembalian uangnya.

Gara-gara tidak membawa surat tanda nomor kendaraan (STNK), tiga anggota polisi terjaring operasi Zebra Semeru 2018 pada Kamis (1/11/2018).

Razia kendaraan dipimpin langsung oleh Kasat Lantas AKP Hendrix K Wardana bersama Kasi Propam Ipda Budiarto di pintu masuk Mapolres Situbondo dengan sasaran seluruh anggota polres yang membawa kendaraan bermotor.

Setiap anggota polisi yang akan masuk ke Mapolres tak luput dari pemeriksaan anggota Propam, di antaranya kelengkapan surat SIM, STNK, KTP, dan KTA, serta kelengkapan kendaraan harus sesuai standar termasuk helm SNI.

Bandara internasional Sisingamangaraja XII di Silangit adalah pintu gerbang menuju kawasan wisata Danau Toba. Namun, status internasional tidak serta merta meningkatkan jumlah pengunjung melalui bandara tersebut.

Bahkan di sejumlah media sosial beredar sepinya penerbangan menuju Danau Toba via jalur udara.

Mangaliat Simarmata, seorang aktivis lingkungan Danau Toba, membuktikan rumor yang beredar di media sosial tersebut.

"Saya berangkat dari Kualanamu sekitar jam 7.30 WIB dan tiba di Bandara Internasional Sisingamangaraja XII Silangit jam 08.30 WIB. Sepi, cuma 12 orang penumpangnya," ungkap Mangaliat.

Sepinya penerbangan membuatnya keheranan dan bertanya-tanya mengapa penerbangan tersebut sedemikian sepi.

Jika memang sepi, maka upaya pemerintah meningkatkan kunjungan wisatawan ke Danau Toba perlu dipertanyakan kembali.

Sumber: KOMPAS.com (Tigor Munthe, Amran Amir, Caroline Damanik, Michael Hangga Wismabrata)

https://regional.kompas.com/read/2018/11/03/07222061/5-berita-populer-nusantara-kisah-haru-keluarga-korban-hingga-polisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke