Salin Artikel

Tabrak Karang, KM Sempurnah Indah III Tenggelam di Perairan Telaga Anambas

"Kapal KM Sempurna Indah III diageni PT Putra Anambas Shipping. Saat kecelakaan kapal ini sedang membawa 25,6 ton ikan segar, 20 ton es, dan 400 kilogram makanan dengan tujuan Anambas-Tanjung Balai Karimun," kata Kapolres Anambas AKBP Junoto saat dihubungi Kompas.com, Minggu.

Menurut dia, KM Sempurnah Indah III membawa 11 anak buah kapal (ABK) dan dua penumpang. Semuanya selamat.

Berdasarkan informasi yang didapat dari Herman (41), nakhoda kapal, kecelakaan ini terjadi setelah kapal tersebut melakukan pengisian es dari pabrik es di Tanjung Kumbik.

Namun, lebih kurang 2 mil dari Pulau Telaga, kapal KM Sempurna Indah III menabrak karang dan menyebabkan air masuk dari lambung kanan hingga akhirnya kapal tenggelam.

"Saat air mulai masuk nakhoda kapal langsung memerintahkan seluruh ABK-nya untuk menggunakan life jacket dan naik ke atas atap kapal. Nakhoda juga sempat menembakkan suar tanda bahaya (SOS) sebanyak 2 kali hingga akhirnya datanglah pertolongan dari masyarakat setempat," papar Junoto.

Berdasarkan surat izin berlayar dari Syahbandar Tarempa, kapal tersebut berangkat pada pukul 23.30 WIB dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Balai Karimun.

"Kapal mengalami pecah di bagian lambung sebelah kanan dengan diameter 40 cm dan total kerugian yang ditimbulkan dari insiden ini lebih dari Rp 500 juta," ujar Junoto.

Saat ini, nakhoda dan ABK sudah dievakuasi ke Desa Telaga Kecamatan Siantan Selatan.

https://regional.kompas.com/read/2018/10/21/20475331/tabrak-karang-km-sempurnah-indah-iii-tenggelam-di-perairan-telaga-anambas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke