Salin Artikel

Pasien Stroke yang Selamat dari Gempa Palu Kini Dirawat di Palopo

Diketahui korban adalah Rabiah (45), penderita stroke asal Desa Omu, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi Biromaru.

Saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Undata Palu, dia sudah dijadwalkan akan keluar dari rumah sakit karena sudah pulih dari stroke. Namun saat sudah dijadwalkan untuk keluar dari RS Undata, tiba-tiba saja gempa mengguncang Kota Palu.

Beruntung Rabiah selamat. Dia sempat terhempas ke tembok sehingga mengalami luka dalam pada bagian tubuh sebelah kiri.

“Saat itu saya berjalan di teras rumah sakit sambil memulihkan kondisi saya, tetapi gempa tiba-tiba terjadi, saya sempat berlari keluar tetapi saya terhempas ke tembok. Saya mulai merasakan sakit dan bertahan di depan bersama korban lainnya,” kata Rabiah, Senin (8/10/2018).

Rabiah dan suaminya, Asis (45) memilih mengungsi ke Palopo di rumah keluarganya. Kondisi Rabiah saat ini belum membaik dari stroke yang dideritanya dan tengah mendapat perawatan intensif dari dokter.

Suami korban, Asis mengatakan, istrinya tidak bisa berjalan karena menderita luka dalam dan strokenya kambuh.

“Kondisinya makin menurun, dia tidak bisa berjalan dan dokter mengatakan bahwa dia juga menderita gangguan pada syaraf dan jantung,” ucapnya.

Asis mengatakan, waktu kejadian gempa dia tidak bersama istrinya, melainkan di rumahnya menyiapkan kendaraan untuk mengantar pulang. Asis pun sempat dihantam kaca lemari yang menyebabkan lengannya terluka.

“Jadi besoknya saya berupaya mencari istri, karena waktu malam kondisi gelap gulita dan tak ada yang bisa dihubungi lewat telepon seluler. Dalam pencarian 2 jam alhamdulillah saya berhasil menemukannya dalam keadaan tidak mampu lagi berjalan,” tutur Asis.

https://regional.kompas.com/read/2018/10/08/16345711/pasien-stroke-yang-selamat-dari-gempa-palu-kini-dirawat-di-palopo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke