Salin Artikel

Panglima TNI Ziarah ke Makam Panglima Besar Jenderal Sudirman.

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengunjungi Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara Kota Yogyakarta. Kunjungannya ini untuk berziarah ke pusara Panglima Besar Jenderal Sudirman.

Panglima TNI beserta rombongan tiba di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara sekitar pukul 11.30 WIB.

Panglima berdoa dan melakukan tabur bunga di pusara Panglima Besar Jenderal Sudirman, Jenderal TNI Oerip Soemoharjo, dan Menteri Soepeno.

"Ini dalam rangka rangkaian kegiatan memperingati Hari Ulang Tahun TNI ke 73," ujar Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara, Kamis (20/09/2018)

Hadi Tjahjanto menuturkan, rangkaian kegiatan ini dimulai dari berziarah ke makam Proklamator Indonesia sekaligus Presiden pertama RI, Soekarno di Blitar Jawa Timur. Setelah dari Blitar, kegiatan dilanjutkan dengan berziarah ke makam Presiden RI ke-4 KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Jombang, Jawa Timur.

Usai dari Jawa Timur, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menuju Astana Giribangun, Matesih, Karanganyar, Jawa Tengah untuk berziarah ke makam Presiden ke-2 RI, Soeharto.

"Sekarang kami di makam Panglima Besar Jenderal Sudirman. Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun," ucapnya.

Dijelaskannya, makna dari rangkaian ziarah ke makam-makam bapak bangsa ini adalah untuk mengingat dan mengenang jasa-jasa para pendahulu.

"Maknanya adalah untuk mendapatkan nilai-nilai yang telah ditanamkan oleh para pendahulu Bangsa Indonesia dalam rangka membesarkan TNI dan membangun NKRI," tegasnya.

Usai berziarah dari Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto direncanakan mengunjungi museum Panglima Besar Jenderal Sudirman di Jalan Bintaran, Kota Yogyakarta. 

https://regional.kompas.com/read/2018/09/20/20475211/panglima-tni-ziarah-ke-makam-panglima-besar-jenderal-sudirman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke