Salin Artikel

Rabies Meningkat di Poso, 317 Orang Positif dan 3 Orang Meninggal

POSO KOMPAS.com- Dinas Kesehatan Kabupaten Poso Sulawesi Tengah terus bekerja keras untuk memberantas penyebaran gigitan anjing rabies.

Berdasarkan data yang ada, mulai Januari hingga Juli 2018, jumlah penderita gigitan anjing sebanyak 380 orang dan yang dinyatakan positif gigitan anjing rabies ada 317 orang .

Peningkatan jumlah kasus tersebut dinilai cukup tinggi jika dibandingkan data pada tahun 2017. Sepanjang 2017, jumlah penderita sekitar 400 orang dan satu orang diantaranya meninggal dunia.

Sementara, di tahun 2018, hingga bulan Juli tercatat 317 penderita rabies gigitan anjing dan tiga orang diantaranya meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Poso Dr.Taufan Karwur yang dikonfirmasi pada Selasa (18/9/2018) mengatakan, dari besarnya jumlah kasus, maka wilayah Poso masuk dalam kategori peningkatan kasus penderita rabies gigitan anjing.

Menurutnya,selain terkendala pada mahalnya biaya pengobatan penyakit rabies, Dinas Kesehatan juga mengalami keterbatasan pasokan vaksin. Selama ini, vaksin dipasok dari Provinsi Sulawesi Tengah.

"Khusus untuk kabupaten Poso, kasus penderita gigitan anjing rabies cukup tinggi dan merupakan tertinggi di wilayah Sulteng,’’ungkap Taufan.

Dia menjelaskan,selain terkendala biaya pencegahan, partisipasi pemilik anjing untuk menyerahkan ternaknya guna dimusnahkan jika sudah terkontaminasi rabies juga masih kurang.

Dinas Kesehatan juga mengeluhkan tidak adanya sarana dan prasarana termasuk karantina khusus anjing rabies.

"Dari 13 kabupaten dan kota, Poso menduduki ranking satu sebagai pengguna vaksin kasus rabies gigitan anjing. Ini artinya angka penderita Rabies di Poso cukup banyak," tambah Taufan.

Data dari Dinas Kesehatan kabupaten Poso menunjukkan, penyebaran gigitan anjing rabies tersebar di beberapa wilayah kecamatan dengan jumlah terbesar berada di Kecamatan Lage, Kecamatan Poso Pesisir, Kecamatan Pamona Bersaudara, dan Kecamatan Lore.

https://regional.kompas.com/read/2018/09/18/18274701/rabies-meningkat-di-poso-317-orang-positif-dan-3-orang-meninggal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke