Salin Artikel

5 Berita Terpopuler Nusantara, Kisah Jafro hingga Ledakan "Sonic Boom"

KOMPAS.com - Berita terpopuler di Kompas.com menghadirkan sejumlah topik, antara lain tentang kematian Bripka Faisal di Aceh oleh gerombolan perompak Setan Botak.

Selain itu, dua berita tentang atlet Indonesia yang berlaga di Asian Games 2018 cukup menyita perhatian pembaca. Berita fakta-fakta penolakan Ahmad Dhani di Surabaya juga masih menarik untuk diikuti. 

Berikut 5 berita terpopuler di Kompas.com pada hari Senin (28/8/2018).

1. Perompak Setan Botak di Aceh membunuh polisi

Gerombolan perompak Setan Botak diketahui sering menyelundupkan narkoba melalu jalur pesisir pantai di Aceh Utara. Gerombolan ini memiliki kode huruf "R" yang ditulis di lambung kapal milik mereka.

Tindakan kriminal itupun tercium aparat kepolisian. Bripka Faisal dan Bripka Firmansyah pun ditunjuk untuk melakukan pengintaian si Setan Botak.

Namun, saat melakukan penyisiran di Pantai Bantayan, Bripka Faisal bertemu dengan gerombolan tersebut. Bripka Faisal dikeroyok dan meninggal dunia dengan luka-luka di bagian wajah, perut dan bahu.

Kejadian pada hari Sabtu (25/8/2018) itu segera ditindaklanjuti oleh polisi Aceh Utara dan Polda Aceh. Kurang dari 24 jam polisi berhasil meringkus gerombolan pembunuh Bripka Faisal. Satu diantaranya tewas diterjang timah panas.

Baca berita selengkapnya di sini

2. Kisah Jafro "si anak petani" Megawanto, peraih medali emas Asian Games 2018

Jafro Megawanto adalah artis paralayang asal Kota Batu Malang, Jawa Timur. Dirinya berhasil menggondol medali emas untuk nomor akurasi beregu pria paralayang pada hari Kamis (23/8/2018) di Gunung Mas, Puncak, Jawa Barat.

Di balik prestasi tersebut, kisah Jafro untuk menjadi atlet profesional dan berprestasi ternyata menarik untuk ditelusuri. Sebagai anak seorang petani dengan kendala ekonomi yang berat, Jafro berhasil menjadi juara.

Sang ibu pernah memintanya untuk berhenti menekuni olah raga kesukaannya tersebut. Namun, Jafro memilih untuk bertahan dan mencari uang saku sebagai tukang lipat parasut agar tidak membebani kedua orangtuanya.

Hasil tidak akan pernah mengkhianati proses. Usaha keras Jafro pun membuahkan hasil manis.

Baca berita selengkapnya di sini

3. Tim sepak takraw yang "terabaikan" mendulang prestasi

Selain kisah Jafro Megawanto, kisah tentang tim sepak takraw Indonesia dari Gorontalo juga menyadarkan kita tentang nilai perjuangan.

Seperti diketahu, tim sepak takraw asal Gorontalo ini sudah menyumbangkan dua perunggu di ajang Asian Games 2018, masing-masing untuk nomer team dan double event.

Selain di Asian Games 2018, tim ini sering menjadi pemenang, misalnya 2 medali emas di PON 2016 dan 1 emas di 2012 lalu. Segudang medali itu bukan berarti mereka mendapat perhatian dari pemerintah dan induk organisasi olahraga, Komite Olahraga Nasional Indonesia ( KONI).

“Belum pernah ada yang melihat kami, baik KONI maupun Pemerintah Provinsi Gorontalo,” kata Asry Syam (42), Sang pelatih, Senin (27/8/2018).

Prestasi yang diukir pemain sepak takraw asal Gorontalo ini dilalui dengan perjuangan yang panjang, meskipun dengan fasilitas latihan yang minim.

“Kami terpaksa menjahit sendiri bola yang rusak, termasuk mendaur ulang bola takraw yang sudah tidakdigunakan lagi. Semuanya dalam keterbatasan,” kata Asry Syam.

Baca berita selengkapnya di sini

4. Dentuman keras "sonic boom" kagetkan warga di Pekanbaru, Riau

Warga Kota Pekanbaru, Riau, dikagetkan dengan suara dentuman keras menggelegar di udara, Senin (27/8/2018).

"Saya sedang sarapan tadi pagi, tiba-tiba ada suara ledakan atau dentuman menggetarkan rumah saya. Cuma sekali ledakan. Tapi saya gak tahu itu entah ledakan apa dan apa yang meledak," kata Rizky, salah satu warga.

Untuk mencari tahu sumber suara itu, dia mengaku keluar rumah dan menanyakan kepada tetangganya.

"Namun warga juga tidak tahu itu suara apa. Memang suaranya keras sekali," ujar Rizky.

Sementara itu, berdasarkan penelusuran Kompas.com, dentuman itu merupakan suara kecepatan pesawat supersonik atau dikenal Sonic Boom.

Hal itu disampaikan Kapentak Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekanbaru, Mayor Sus Rindar Arifianto.

"Ya, dapat kami sampaikan, tadi ada pesawat tempur F-16 melakukan test flight setelah perawatan pesawat," ungkap Rindar, Senin.

Dia mengatakan, salah satu prosedur test flight adalah manuver yang mengharuskan masuk kecepatan suara (supersonik).

Baca berita selengkapnya di sini

5. Fakta-fakta penolakan Ahmad Dhani di Surabaya

Fakta-fakta di balik penolakan terhadap Ahmad Dhani saat berencana menghadiri aksi #2019GantiPresiden di Surabaya, menjadi perhatian masyarakat.

Misalnya, keributan kedua kubu di halaman masjid Kemayoran dibubarkan oleh pengurus masjid.

Fakta Ahmad Dhani yang dihadang di Hotel Majapahit di Jalan Tanjungan oleh massa serta bagaimana reaksi kubu Ahmad Dhani terhadap aksi massa itu juga menjadi sorotan.

Lalu, seorang perempuan peserta aksi #2019GantiPresiden nekat mencakar wajah polwan yang sedang bertugas.

Fakta alasan polisi membubarkan aksi yang digelar di Tugu Pahlawan Surabaya itu juga menjadi perdebatan.

Baca berita selengkapnya di sini

Sumber (KOMPAS.com: Masriadi, Andi Hartik, Rosyid A Azhar, Michael Hangga Wismabrata, Idon Tanjung)

 

https://regional.kompas.com/read/2018/08/28/08200061/5-berita-terpopuler-nusantara-kisah-jafro-hingga-ledakan-sonic-boom-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke