Salin Artikel

Ridwan Kamil Ajak Pemerintah Inggris Kerja Sama di Bidang Transportasi

Diharapkan, lima sampai sepuluh tahun ke depan, kerja sama antara keduanya bisa meluas ke sektor lainnya.

Hal itu dikatakan Gubernur Jawa Barat terpilih periode 2018-2023, Ridwan Kamil, saat bertemu Menteri Muda Inggris Urusan Asia-Pasifik, Mark Field, di Green Garden Restaurant, Kebun Raya Bogor, Rabu (15/8/2018).

Dalam pertemuan yang berlangsung cukup private itu, baik Ridwan Kamil maupun Mark terlihat serius membicarakan soal kerja sama tersebut.

Usai berdialog, Emil, sapaan akrabnya, menyampaikan beberapa poin penting dari hasil diskusinya dengan Mark. Salah satunya investasi di bidang transportasi.

"Tadi, saya menyampaikan beberapa hal soal potensi di Jabar, khususnya di bidang transportasi. Kita harapkan, dalam 5-10 tahun kerja sama akan lebih banyak. Dan, saya akan komit untuk memberikan ruang-ruang dialog kebudayaan," ucap Emil.

Untuk mengawali kerja sama itu, sambung Emil, kedua belah pihak sepakat membuka pendidikan pelatihan bahasa Inggris untuk sekolah, institusi, dan para ulama. Termasuk, kata Emil, program feature leader.

Lewat program ini, pemimpin-pemimpin muda Indonesia berkesempatan diundang ke Inggris untuk belajar. Diharapkan, dengan kerja sama itu, hubungan bilateral dan kesepahaman antar-budaya bisa lebih baik.

"Citra Inggris sangat positif sebagai negara yang mempunyai kekuatan ekonomi dan kemajuan teknologinya. Inggris juga negara yang menjunjung keberagaman. Semoga kerja sama ini dapat membawa hubungan baik ke depannya," sebut Emil.

Sementara itu, Menteri Muda Inggris Urusan Asia-Pasifik, Mark Field, menilai, sebagai negara yang mengalami pertumbuhan ekonomi cepat, Indonesia tetap menjadi mitra utama bagi Inggris.

Kunjungan Mark ke negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia, memang membawa sejumlah misi paska Inggris keluar dari Uni Eropa (Brexit).

Hubungan bilateral, pembahasan isu regional dan global yang lebih luas, menjadi pembahasan penting yang akan disampaikannya.

"Kunjungan saya memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi cara-cara untuk memperkuat kerjasama kami dalam pendidikan, keamanan, dan untuk membahas isu-isu global lainnya termasuk hubungan Inggris-ASEAN pasca Brexit," tutur dia.

https://regional.kompas.com/read/2018/08/15/18101791/ridwan-kamil-ajak-pemerintah-inggris-kerja-sama-di-bidang-transportasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke