Salin Artikel

Cinta Produk Lokal, Ini 6 Barang yang Pernah Dibeli Jokowi saat Blusukan ke Daerah

SOLO.KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memakai sepatu sneakers warna hitam buatan warga Bandung saat menemui para pimpinan partai politik beberapa waktu lalu.

Sontak sneakers asal Bandung tersebut pun menjadi perbincangan di masyarakat dan warga net. 

Dibalik itu semua, ada pesan yang ingin disampaikan Jokowi kepada masyarakat yakni untuk mencintai produk dalam negeri. 

Untuk memberikan contoh ke masyarakat, Jokowi juga rajin membeli produk lokal, bahkan sebelum dia menjabat sebagai orang nomor 1 di RI.

Berikut beberapa barang yang pernah dibeli Jokowi saat blusukan di sejumlah daerah: 

1. Sepatu sneakers warna hitam buatan Bandung

Pada hari Senin (23/7/2018) kemarin, Jokowi menggelar pembicaraan yang amat penting dengan sejumlah pimpinan partai politik, karena berkaitan dengan situasi politik di Indonesia menjelang Pilpres 2019.

Namun, ada hal lain yang menarik perhatian masyarakat saat sebuah foto dari Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden, muncul ke publik. Ya, sepatu sneakers warna hitam yang dikenakan Jokowi.

Usai ditelusuri, sepatu tersebut khusus dipesan Jokowi dari sebuah produsen sepatu asal Bandung, Nah project.

Hal tersebut dibenarkan oleh CEO Nah Project, Rizky Arief, bahwa pada hari Jumat (20/7/2018), dirinya dihubungi oleh salah seorang staf Sekretaris Negera untuk mengirim sepatu ke Istana Negara.

"Ada yang nelepon, namanya Pak Tedi dari staf Setneg," kata Rizky, kepada Kompas.com.

Rizky menceritakan, Nah project, baru berdiri 10 bulan lalu dan merupakan kebanggaan tersendiri produk mereka menjadi salah satu pilihan Presiden Joko Widodo.

Sepatu dari Nah Project tersebut juga dipakai Jokowi saat datang ke acara We the Fest 2018 beberapa hari yang lalu.

2. Jokowi membeli motor chopper rakitan lokal

Presiden Joko Widodo membeli satu unit motor Royal Enfield Bullet 350cc chopper style garapan modifikator Elders Garage.

Salah satu pemilik Elders Garage, Adrianka, mengatakan, Presiden Jokowi jatuh hati pertama kali pada motor berwarna emas itu pada Oktober 2017, tepat pada hari sumpah pemuda di Istana Presiden Bogor, Jawa Barat.

"Pak Presiden waktu itu 'nyobain' duduk di salah satu produk kami yang berwarna hitam. Motor gold yang sekarang dibeli Presiden ada juga saat itu. Mungkin Presiden lihat juga," ujar Adrianka, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (19/1/2018).

Jokowi membeli chopper tersebut seharga Rp140 juta rupiah beberapa hari setelah acara tersebut. salah seorang pria yang mengaku dari Sekretariat Presiden menghubungi bengkel. Ia mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi berniat membeli salah satu motor chopper.

3. Jokowi beli emping mentah dan kecipir di Pasar Kranggan Yogyakarta

Saat kunjungan kerja di Pasar Kranggan Yogyakarta, pada Rabu (25/7/2018), Presiden Jokowi membeli emping mentah dan kecipir.

"Kan kita kadang mencari di toko modern dan retail enggak ada, di sini ada. Misalnya emping mentah, itu sulit. Lalu ada kecipir," kata Jokowi kepada wartawan usai berkeliling pasar.

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi juga membagi-bagikan kain batik kepada para pedagang. Jokowi merasa puas dengan kebersihan dan fasilitas yang ada di Pasar Kranggan tersebut.

4. Jokowi membeli 6 tas di Malioboro

Pada hari Minggu (31/12/2017), Presiden Jokowi menyempatkan berjalan-jalan di Malioboro bersama putra bungsunya, Kaesang Pangarep.

Saat itu, Jokowi membeli enam tas batik seharga masing-masing Rp 20.000 dari salah satu pedagang.

Kehadiran Jokowi di Malioboro tersebut segera menarik perhatian warga. Sejumlah warga bahkan saling berebut ingin berfoto bersama dengan Jokowi.

Dalam perjalanan kembali ke Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, Jokowi menyapa masyarakat dan membagi-bagikan buku tulis dan bingkisan.

5. Jokowi membeli tas di pasar tradisional untuk sang isteri, Iriana

Sebelum menjadi orang nomor 1 di Indonesia, Jokowi yang saat itu masih menjadi bakal calon presiden dari PDI-P memang suka blusukan. Dia pernah blusukan di Pasar Ramayana, Cianjur, Jawa Barat, pada hari Sabtu (29/3/2014).

Saat blusukan, Jokowi juga tetap ingat istri tercintanya, Iriana. Nah, di pasar Ramayana itu, Jokowi membeli sebuah tas wanita warna pink untuk isterinya, Iriana.

Jokowi sempat kaget ketika penjual tas menyebutkan harga tas yang hendak di belinya.

Berapaan ini Bu?" kata Jokowi sambil menunjuk tas yang diinginkannya itu.

"Rp 60.000 Pak, ayo beli dong, Pak, untuk kenang-kenangan sudah pernah ke sini," kata si ibu penjual.

Jokowi pun kaget dengan harga tas yang dianggapnya murah itu. "Wah murah sekali Bu, masa cuma Rp 60.000," kata Jokowi.

Akhirnya, Jokowi "menawar" Rp 75.000 untuk tas berwarna pink tersebut.

"Ya sudah saya tawar jadi Rp 75.000 ya," kata Jokowi yang disambut tawa warga yang berkerumun.

6. Jokowi beli jaket di BIP Bandung

Apapaun yang dipakai Jokowi kemudian jadi tren, termasuk bomber jacket  yang dikenakannya pada Sabtu (5/11/2016) dini hari, saat pengumuman rapat terbatas (ratas) mengenai aksi demo 4 November 2016.

Nah ceritanya pada hari Rabu (12/4/2017), Presiden Joko Widodo berkunjung ke sejumlah pusat pertokoan di Bandung, Jawa Barat. Saat itu Jokowi didampingi Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil.

Saat berada di Bandung Indah Plaza, Jokowi membeli sebuah jaket buatan Bandung seharga Rp 450.000. Harga tersebut sudah mendapat potongan 20 persen.

"Saya diminta Pak Ridwan Kamil untuk memakai produk asli Bandung, ini yang saya pilih. Saya bayar, langsung saya pakai, harganya Rp 450.000," kata Jokowi, seperti dikutip dari Tribunnews.

Masih banyak lagi produk-produk lokal unik yang jadi buah tangan Jokowi setiap blusukan. 

Menurut Presiden Jokowi kualitas produk dalam negeri sudah tidak kalah dengan produk impor. Bahkan produk dalam negeri sudah kompetitif untuk harga dan kualitas dibanding produk impor. 

Sumber: (Kompas.com: Fabian Januarius Kuwado, Dendi Ramadhani, Ihsanuddin/ Tribunnews: Y Gustaman)

https://regional.kompas.com/read/2018/07/26/08485891/cinta-produk-lokal-ini-6-barang-yang-pernah-dibeli-jokowi-saat-blusukan-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke