Salin Artikel

Disuruh Transfer Saat Lamar Kerja Via Situs Lowongan Kerja, Inggit Lapor Polisi

Inggit mengatakan, kejadian bermula ketika dirinya mencari lowongan pekerjaan di situs penyedia informasi lowongan kerja berinisial J.

Di situs itu tertera lowongan pekerjaan dari salah satu hotel berbintang di Palembang. Karena tertarik dengan pekerjaan itu, Inggit lalu mengirimkan email yang tertera.

Pada Selasa (3/7/2018), Inggit mendapatkan email balasan oleh pelaku dan memintanya mengikuti tes wawancara serta mengonfirmasi melalui nomor ponsel yang ada di dalam email.

"Saya hubungi nomor yang ada di email. Setelah itu, pelaku meminta untuk memesan tiket melalui rekeningnya Rp 1,4 juta," kata Inggit kepada petugas.

Setelah uang ditransfer, pelaku kembali menghubunginya untuk mengirimkan uang tambahan dengan modus sebagai biaya konsumsi dan akomodasi Rp 2,6 juta.

Merasa ada yang janggal, Inggit pun tak mengirimkan uang tambahan itu.

"Saya baru sadar ditipu ketika pelaku minta transfer uang lagi. Tapi tidak saya transfer, " ujarnya.

Inggit melaporkan Dian Wahyu Septianin, nama dari pemilik rekening tujuan uang yang ditransfernya.

Kasubag Humas Humas Polresta Palembang AKP Andy Haryadi membenarkan laporan korban kini telah diterima untuk dilakukan tindak lanjut.

"Sudah diserahkan dengan penyidik dari Reskrim untuk memburu pelaku," ungkap Andy.

https://regional.kompas.com/read/2018/07/04/14451111/disuruh-transfer-saat-lamar-kerja-via-situs-lowongan-kerja-inggit-lapor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke