Salin Artikel

Unjuk Rasa Hardiknas, Massa HMI Terlibat Kericuhan dengan Polisi

Massa yang terdiri dari belasan mahasiswa itu terlibat adu dorong dengan beberapa personel kepolisian yang menjaga gerbang masuk gedung dewan. Di depan gerbang yang terkunci itu pula, massa sebelumnya tertahan sehingga menggelar aksinya di tempat itu.

Kericuhan itu terjadi karena massa marah aksi mereka tidak cepat mendapat respons dari para anggota dewan. Mereka juga tidak bisa segera masuk area gedung karena terhalang oleh petugas yang berjaga.

Kericuhan yang terjadi beberapa saat itu baru terhenti setelah koordinator aksi dibantu beberapa mahasiswa menenangkan massa. Koordinator terlihat berupaya pasang badan di antara polisi dan massa untuk menghalau pengunjuk rasa dari tindakan yang lebih kasar.

"Hati-hati provokasi!," suara lantang berulang-ulang dari sebuah megafon.

Sementara itu, pihak kepolisian juga mendesak massa agar menjaga kondusivitas dan menjalankan unjuk rasa secara tertib. Polisi mengancam akan membubarkan aksi jika mereka tidak bisa menjaga ketertiban dan keamanan.

"Kalau tidak bisa tertib, saya bubarkan!" tegas Komisaris Polisi Sucipto, Kapolsek Kediri Kota kepada perwakilan massa.

Setelah kericuhan mereda, massa HMI masih terus melakukan aksinya. Mereka berorasi secara bergantian. Massa sesekali terlibat adu dorong dengan polisi meski dalam skala kecil .

Tidak lama kemudian, beberapa perwakilan massa diperkenankan masuk ke gedung dewan untuk bertemu wakil rakyat. Massa kemudian menyampaikan maksud dan tujuan aksi itu.

"Besok kami akan datang lagi untuk audiensi," ujar Dwi Galih Setiawan, koordinator aksi, seusai mediasi.

Galih menambahkan, aksi itu untuk menyuarakan nasib para buruh dan guru honorer yang masih memprihatinkan. Oleh sebab itu, dia mendesak pemerintah untuk membuat kebijakan yang berpihak kepada buruh dan guru.

"Guru memang pahlawan tanpa tanda jasa, tapi untuk hidup di zaman now, kesejahteraan juga sangat dibutuhkan," ujar Galih.

Setelah pertemuan itu, massa kemudian membubarkan diri. Meski sempat terjadi kericuhan, tidak ada korban luka dalam peristiwa itu.

https://regional.kompas.com/read/2018/05/03/15313291/unjuk-rasa-hardiknas-massa-hmi-terlibat-kericuhan-dengan-polisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke